PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SMA N 1 BATANG ANAI

ZUL'ILMI, SARI DANIATI (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SMA N 1 BATANG ANAI. Skripsi thesis, uin ib padang.

[img] Text
cover.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKAaa.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text
Copy of FULL SKRIPSII.pdf

Download (660kB)
[img] Text (COVER)
cover.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
Copy of FULL SKRIPSII.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (378kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Strategi Pembelajaran Afektif dalam Pembelajaran PAI di Kelas X SMA N 1 Batang Anai” yang ditulis oleh SARI DANIATI, NIM 1314010614 Program Strata Satu (S1) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini di latar belakangi pada saat proses pembelajaran berlangsung adanya peserta didik yang masih banyak bermain, keluar masuk saat guru menerangkan pelajaran, tidak jujur, tidak fokus pada pembelajaran, menganggu teman ketika pembelajaran, tidak adanya pengaplikasian terhadap pembelajaran yang dipelajari, berbicara yang tidak sopan, adanya peserta didik yang meremehkan gurunya sendiri ketika mengajar, tidak adanya sikap (senyum, sapa, salam), tidak adanya sikap saling menghargai guru, tidak adanya etika dalam berbicara dengan guru ketika belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran afektif dalam pembelajaran PAI di kelas X SMA N 1 Batang Anai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran afektif dalam pembelajaran PAI, rencana penerapan strategi pembelajaran afektif, pelaksanaan strategi pembelajaran afektif, evaluasi pelaksanaan strategi pembelajaran afektif dan kendala pelaksanaan strategi pembelajaran afektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data adalah kepala sekolah, guru PAI kelas X dan siswa/i kelas X SMA N 1 Batang Anai. Dalam pengumpulan data ini penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, analisis data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rencana penerapan strategi pembelajaran afektif dalam pembelajaran PAI kelas X yaitu guru menuangkan dalam bentuk RPP dengan cara merancang menetapkan indikator, selanjutnya menentukan langkah-langkah pembelajaran, menentukan metode, strategi, dan media yang akan dipakai, kemudian guru juga harus menetapkan penilaian yang akan digunakan dalam proses pembelajaran dan pedoman dalam menyelenggarakan proses pembelajaran yang baik dan maksimal. Dalam pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran afektif ini sudah berjalan sesuai dengan yang direncanakan tapi masih kurang efisien karena adanya kendala seperti jam pelajaran yang singkat dan sebagainya. Hal ini dapat diketahui ketika penulis mengamati dari proses pembelajaran berdasarkan langkah-langkah strategi pembelajaran afektif yaitu dengan memperhatikan, menerima, merespon, menghayati nilai-nilai, mengorganisasikan dan memberi karakter. Evaluasi dalam pelaksanaan strategi pembelajaran afektif ini dilakukan dengan cara mengamati secara teliti serta pencatatan secara sistematis dan dilakukan secara terus menerus baik pada saat proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran. Kendala dalam pelaksanaan strategi pembelajaran afektif ini yaitu sulit mengadopsi sikap peserta didik yang beragam, kurangnya memantau peserta didik yang kurang aktif, membicarakan hal lain selain materi pelajaran, waktu yang terlalu singkat untuk pembelajaran, sikap peserta didik yang kurang terbuka menyulitkan penilaian dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pendidikan Agama Islam pai
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:21
Last Modified: 10 Oct 2018 01:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2421

Actions (login required)

View Item View Item