Hubungan Self-efficacy dengan Motivasi Belajar Peserta Didik dan Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling di Kelas X SMAN 2 Batang Anai Pariaman

Rabiah, Adawiyah (2018) Hubungan Self-efficacy dengan Motivasi Belajar Peserta Didik dan Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling di Kelas X SMAN 2 Batang Anai Pariaman. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text
cover, persetujuan pembimbing, pengesahan tim penguji, abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi keseluruhan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul : “Hubungan Self-efficacy dengan Motivasi Belajar Peserta Didik dan Implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling di Kelas X SMA N 2 Batang Anai”, yang disusun oleh Rabiah Adawiyah NIM. 412.419 Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Jurusan Manajemen PendidikanIslam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang.Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa orang peserta didik, guru bimbingan konseling (BK) dan guru bidang studi di SMA N 2 Batang Anai yang mengatakan bahwa permasalahan yang sering dialami oleh peserta didik adalah motivasi belajar yang rendah, sering terlambat, sering keluar masuk, kurang semangat dan serius dalam mengerjakan tugas-tugas yng diberikan oleh guru, hal ini disebabkan karena Self-efficacy peserta didik yang rendah, sehingga peserta didik merasa tidak yakin terhadap kemampuan kognitif yang dimilikinya.Rumusan masalah pada penelitian ini apakah ada hubungan self-efficacy dengan motivasi belajar peserta didik dan implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling di kelas X SMA N 2 Batang Anai. Batasan masalah; a) Self-efficacy peserta didik kelas X SMA N 2 Batang Anai, b) motivasi belajar peserta didik kelas X SMA N Batang Anai, c) hubungan self-efficacy dan motivasi belajar peserta didik kelas X SMA N Batang Anai, d) implikasi hubungan self-efficacy dan motivasi belajar peserta didik kelas X SMA N Batang Anai terhadap Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy dan motivasi belajar peserta didik dan implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling kelas X SMA N Batang Anai. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA N 2 Batang Anai yang berjumlah 232 orang dengan sampel 70 orang yang diambil melalui teknik random sampling. Instrument penelitian menggunakan 2 (dua) angket yaitu angket tentang Self-efficacy dan motivasi belajar. Data diolah dengan menggunakan Program Statistical Product and Service Solution ( SPSS) versi 23,00, serta di analisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Dari penelitian ini diperoleh hasil; a) Self-efficacy peserta didik kelas X SMA N 2 Batang Anai kurang baik, b) Motivasi belajar peserta didik kelas X SMA N 2 Batang Anai tergolong cukup baik, c) dari hasil pengolahan data di dapatkan bahwa rxy = 0,625 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 5% = 0,250, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik atau tinggi self-efficacy peserta didik maka makin baik pula motivasi belajar yang dipeoleh peserta didik dan begitu pula sebaliknya, d) Implikasi hasil penelitian terhadap bimbingan dan konseling, guru bimbingan dan konseling (BK) dapat memberikan bantuan layanan yang sesuai dengan permasalahan peserta didik, seperti layanan informasi layanan, layanan penguasaan konten dll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2018 07:45
Last Modified: 13 Nov 2018 07:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1442

Actions (login required)

View Item View Item