Pengelolaan Keberagaman Agama Pada Sd Nasional Plus Manjushri Kota Padang

Selsi Mustika Sari, Selsi (2018) Pengelolaan Keberagaman Agama Pada Sd Nasional Plus Manjushri Kota Padang. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (cover-persetujuan pembimbing-abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img]
Preview
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img] Text (bab iv)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
full gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Studi ini berjudul “Paengelolaan Keberagaman Agama di SD Nasional Plus Manjushri Kota Padang” disusun oleh Selsi Mustika Sari BP. 1415010237 jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UIN Imam Bonjol Padang. Studi ini mengkaji keberagaman dan pengelolaannya di Sekolah Dasar Nasional Plus Manjushri Kota Padang. Kajian ini penulis lakukan ketertarikan penulis terhadap keberagaman. Ini merupakan upaya pengaplikasian teori dari pembelajaran toleransi atau tema-tema serupa yang penulis terima pada proses pembelajaran. Keberagaman agama di Sekolah Dasar Nasional Plus Manjushri Kota Padang merupakan fenomena yang manarik, pengelolaan terhadap keberagaman itu tentu jauh lebih menarik mengingat anak di usia sekolah dasar merupakan usia yang sangat penting dalam internalisasi nilai-nilai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan keberagaman dan faktor pendorong serta penghambat pengelolaan keberagaman di Sekolah Dasar Nasional Plus Manjushri Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach). Menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data akan disajikan secara diskriptif kualitatif. Data akan disajikan apa adanya dan dianalisa dengan logika ilmiah. Sebagai hasil penelitian penulis menemukan bahwa pengelolaan keberagaman di Sekolah Dasar Nsional Plus Manjushri Kota Padang, merupakan salah satu bentuk dari aplikasi visi dan misi sekolah ini untuk melahirkan manusia yang bermoral dan berbudi pekerti luhur yang berdasarkan nilai-nilai universal. Keberagaman dikelola dengan empat cara yang pertama melaui dimensi kurikulum Sekolah Dasar Nasional Plus Manjushri memakai KTSP 2006 yang di dalamnya ada matapelajaran PKN. Kedua dimensi ilmu pengetahuan konsep keberagaman dan sikap menanggapi keberagaman dicarikan landasan teoritisnya dalam nila-nilai agama. Ketiga pemberlakuan pembelajaran yang adil siswa belajar agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh guru dengan latarbelakang agama yang sama. Keempat pembudayaan budaya sekolah di sekolah ini ada beberapa budaya yang mampu mendorong sikap yang baik menghadapi keberagaman yaitu ekstrakurikuler, nasehat dan arahan serta keteladanan. Faktor pendorong pengelolaan adalah baiknya respon dari wali murid dan yang kedua adalah faktor internal. Faktor penghambat dalam proses pengelolaan keberagaman adalah buruknya respon sebagian masyarakat. Kata Kunci: Pengelolaan, Pendidikan, Keberagaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Studi Agama-Agama
Depositing User: Users 35 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:29
Last Modified: 06 Jul 2018 03:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item