PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENGEMBANGAN KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MAN 3 SOLOK

CINTHYA, INDAH PERMATA SARI (2018) PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENGEMBANGAN KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MAN 3 SOLOK. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (Cover)
1. COVER BISMILLAH-.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img]
Preview
Text
3. tia1.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK cinthya.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Kata pengantar)
5. KATA PENGANTAR cinthya.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. CINTHYA DAFTAR PUSTAKA-.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
Skripsi Lengkap tya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: “Pengaruh Layanan Informasi terhadap Pengembangan Kesadaran Beragama Peserta Didik di MAN 3 Solok”. (skripsi : 2017) yang disusun oleh Cinthya Indah Permata Sari, NIM: 1314030039, pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Kosentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemukan di MAN 3 Solok terlihat bahwa kesadaran beragama peserta didik belum terlaksana dengan baik, masih banyak peserta didik yang tidak melaksanakan kegiatan keagamaan, seperti sholat berjamaah di mushala sekolah, masih banyak peserta didik yang berada di lokal, di kantin dan sibuk melaksanakan kegiatannya masing-masing. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh layanan informasi terhadap pengembangan kesadaran beragama peserta didik di MAN 3 Solok”. Batasan masalahnya adalah: a). Layanan informasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik di MAN 3 Solok, b). Kesadaran beragama peserta didik di MAN 3 Solok, c). Pengaruh layanan informasi terhadap pengembangan kesadaran beragama peserta didik di MAN 3 Solok. Tujuan penelitian adalah: a). Untuk mengetahui layanan informasi yang dilakukan guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik di MAN 3 Solok, b). Untuk mengetahui kesadaran beragama peserta didik di MAN 3 Solok, c). Untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap pengembangan kesadaran beragama peserta didik di MAN 3 Solok. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif koefisien korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di MAN 3 Solok yang berjumlah 268 orang dan jumlah sampel sebanyak 57 orang yang dilakukan dengan teknik random sampling. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS) versi 20.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1). Layanan informasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik MAN 3 Solok dikategorikan cukup baik, 2). Kesadaran beragama peserta didik di MAN 3 Solok dikategorikan cukup baik, 3). Terdapatnya pengaruh yang signifikan antara layanan informasi dengan pengembangan kesadaran beragama peserta didik di MAN 3 Solok artinya semakin baik layanan informasi maka semakin bagus kesadaran beragama peserta didik di MAN 3 Solok, atau sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 03:41
Last Modified: 08 Jun 2018 03:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item