PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 2 PANCUNG SOAL TAHUN AJARAN 2017/2018

RORA DWI PUTRI, RORA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 2 PANCUNG SOAL TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img]
Preview
Text (COVER_ABSTRAK)
COVER SKRIPSI_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (741kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (FULL TEKT (FILE GABUNGAN))
full gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Rora Dwi Putri NIM : 1314040057 : Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP N 2 Pancung Soal Tahun Ajaran 2017/2018 Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP N 2 Pancung Soal tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang berpendapat bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Selain itu, pada proses pembelajaran matematika yang sering dijumpai adanya kecenderungan siswa tidak mau bertanya, meskipun siswa belum memahami materi pelajaran matematika yang diajarkan tersebut. Siswa lebih banyak mengandalkan siswa yang pintar dalam mengerjakan tugas tanpa bertanya prosedurnya. Adapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penguasaan konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning di SMPN 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Posstest-only Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 175 orang. Teknik pengambilan sampel berupa class simple random sampling dengan sampel terpilih adalah siswa kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol yang terlebih dahulu ditentukan melalui uji normalitas, uji homogenitas dan analisis variansi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan penguasaan konsep siswa untuk kelas eksperimen adalah 75,69 dan untuk kelas kontrol adalah 70,40. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan uji-t satu arah diperoleh thitung > ttabel (2,09 > 1,65) maka hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan kemampuan penguasaan konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi daripada kemampuan penguasaan konsep siswa yang diajar dengan selain model pembelajaran discovery learning di SMPN 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 06:43
Last Modified: 11 May 2018 06:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item View Item