Pelaksanaan Layanan Penguasaam Konten Oleh Guru Bimbingan dan konseling dalam Meningkatkan Kebiasaan Belajar Peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Gunung Talang

Astika, Rahayu Kahar (2018) Pelaksanaan Layanan Penguasaam Konten Oleh Guru Bimbingan dan konseling dalam Meningkatkan Kebiasaan Belajar Peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Gunung Talang. pelaksanaan layanan penguasaan konten oleh guru BK dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di kelas X SMK Negeri 2 Payakumbuh. ISSN 3479 (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Cover, Persetujuan Pembimbing dan Abstrak)
COVER, PERSETUJUAN, dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Gabungan Keseluruhan)
Skripsi Keseluruhan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://www.im.stkip-pgri-sumbar.ac.id/jurnal/downl...

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul Pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten Oleh Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kebiasaan Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Gunung Talang, ditulis oleh Astika Rahayu Kahar NIM:1314030061, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik yang memiliki kebiasaan belajar yang buruk seperti belum memiliki jadwal belajar yang teratur, malas membaca buku, malas mencatat pelajaran, tidak mengulang pelajaran, belajar ketika mau ujian saja, konsentrasi dalam belajar kurang, pekerjaan rumah sering dibuat di sekolah dengan menyontek tugas temannya, Oleh karena itu permasalahan ini menjadi tanggung jawab guru bimbingan dan konseling untuk membantu peserta didik dalam membentuk kebiasaan belajar yang lebih baik. Maka dari itu yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan layanan penguasaan konten oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Gunung Talang?”. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Perencanaan pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Gunung Talang. 2) Pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Gunung Talang. 3) Hasil pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Gunung Talang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini antara lain guru bimbingan dan konseling dan peserta didik SMP Negeri 3 Gunung Talang. Cara penulis mendapatkan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Gunung Talang dilakukan dengan menetapkan subjek atau peserta layanan, menetapkan dan menyiapkan konten yang akan dipelajari secara rinci dan kaya, menetapkan proses dan langkah-langkah layanan, menetapkan dan menyiapkan fasilitas layanan, termasuk media dengan perangkat keras dan lunaknya, menyiapkan kelengkapan administrasi, 2) Pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Gunung Talang dilakukan dengan menyajikan konten yang akan dipelajari dengan metode saintific dan kemudian dilatihkan kepada peserta layanan sembari mengimplikasikan high-touch dan high tech dalam proses pembelajaran, 3) Hasil pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Gunung Talang adalah terdapat perubahan terhadap kebiasaan belajar peserta didik menjadi lebih baik. Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten dan Kebiasaan Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 01:57
Last Modified: 19 Jul 2018 01:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item