Fitra, Hayati (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATI (APTITUDE TREATMENT INTERACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI MAN 2 PADANG. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
|
Text (cover)
757b7454a7f01c4e11e3d697223bcdac.pdf - Published Version Download (592kB) | Preview |
|
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7kB) |
||
|
Text (kata pengantar)
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (kata persembahan)
Kata Persembahan.pdf - Published Version Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (daftar isi)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I W7.pdf - Published Version Download (413kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (495kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (168kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN I-5.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Fitra Hayati (1314080703): Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di MAN 2 Padang. Skripsi UIN Imam Bonjol Padang Hal 1-70. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran berlangsung di kelasXI di MAN2 Padang .yang masih berpusat pada pendidik, sehingga keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran masih kurang. Hal ini terlihat dari kurangnya interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Masih rendahnya hasil belajar peserta didik. Selain itu proses pembelajaran yang disajikan masih belum bervariasi, sehingga membuat peserta didik merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga membuat hasil belajar peserta didik rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar fisika peserta didik di MAN 2 Padang dengan rata-rata nilai ujian akhir semester 1 kelas XI4 56,74 dan kelas XI5 55,94 masih banyak di bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 78. Salah satu cara atau solusi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar fisika adalah dengan penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction). Hipotesis (H1) yang dirumuskan peneltian ini adalah model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction). Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di MAN 2 Padang tahun ajaran 2017/2018. Teknik sampel pada penelitian ini yaitu teknik Cluster Random Sampling dan sampel penelitian adalah kelasXI 4 sebagai kelas eksperimen (model ATI (Aptitude Treatment Interaction)) dan kelas XI 5sebagai kelas control (pembelajaran konvensional). Tes akhir belajar diberikan pada kedua kelas sampel sebanyak 30 soal objektif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t dengan syarat data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai variansi yang homogen. Berdasarkan hasil penelitianini, aspek kognitif kedua kelas memberikan hasil yang berbeda. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik untuk kelas eksperimen (82,80) dan kelas kontrol (71,38). Berdasarkan analisis data yang diperoleh thitung = 2,243 jadi thitung > ttabel(2,243> 1,67) sehingga H0 ditolakdan H1 diterima. Artinya hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas control, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar fisika peserta didik menggunakan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) lebih meningkat dari pada pembelajaran konvensional di kelasXI Di MAN 2 Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 09 May 2018 08:03 |
Last Modified: | 09 May 2018 08:13 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/942 |
Actions (login required)
View Item |