Rani Maisa Putri, Rani (2018) PENERAPAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN 10 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
|
Text (cover - abstrak)
1. Cover Rani OK.pdf - Published Version Download (191kB) | Preview |
|
Text (bab I)
11. Bab I Rani OK.pdf - Published Version Download (318kB) |
||
Text (bab II)
12. Bab II Rani OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
|
Text (bab III)
13. BAB III rani ok.pdf - Published Version Download (229kB) | Preview |
|
Text (bab IV)
14. BAB IV Rani Ok.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
|
Text (bab V)
15. BAB V Rani ok.pdf - Published Version Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
16. DAFTAR PUSTAKA Rani OK.pdf - Published Version Download (117kB) | Preview |
|
Text (skripsi gabungan)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rani Maisa Putri NIM: 1314070033 “Penerapan Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 10 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan”: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian dilatarbelakangi ini adalah secara umum minat belajar siswa masih rendah. Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada mata pelajaran IPS semester I dengan rata-rata 57,35 hanya 11 orang atau 32,50% yang tuntas dan 17 siswa atau 67,50% dinyatakan tidak tuntas dari kriteria nilai KKM 70 sudah tuntas. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah “apakah terdapat peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme di kelas V SDN 10 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme di Kelas V SDN 10 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini berupa hasil ulangan harian (UH) siswa, sumber data dalam penelitian ini adalah siswa SDN 10 Pancung Soal . Teknik pengumpulan data menggunakan lembar hasil tes belajar. Teknik analisis datanya berupa teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dari 17 peserta didik 9 peserta didik atau 53% yang dinyatakan tuntas dan 8 peserta didik atau 47% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas peserta didik 69,64. Sedangkan hasil tes siklus II mengalami peningkatan dari 17 peserta didik, 13 peserta didik atau 76,5% yang dinyatakan tuntas dan 4 peserta didik atau 23,5% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas peserta didik 74,23. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, bahwa penggunaan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan minat belajar siswa pada Pembelajaran IPS. ABSTRAK Rani Maisa Putri NIM: 1314070033 “Penerapan Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 10 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan”: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian dilatarbelakangi ini adalah secara umum minat belajar siswa masih rendah. Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada mata pelajaran IPS semester I dengan rata-rata 57,35 hanya 11 orang atau 32,50% yang tuntas dan 17 siswa atau 67,50% dinyatakan tidak tuntas dari kriteria nilai KKM 70 sudah tuntas. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah “apakah terdapat peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme di kelas V SDN 10 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme di Kelas V SDN 10 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini berupa hasil ulangan harian (UH) siswa, sumber data dalam penelitian ini adalah siswa SDN 10 Pancung Soal . Teknik pengumpulan data menggunakan lembar hasil tes belajar. Teknik analisis datanya berupa teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dari 17 peserta didik 9 peserta didik atau 53% yang dinyatakan tuntas dan 8 peserta didik atau 47% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas peserta didik 69,64. Sedangkan hasil tes siklus II mengalami peningkatan dari 17 peserta didik, 13 peserta didik atau 76,5% yang dinyatakan tuntas dan 4 peserta didik atau 23,5% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas peserta didik 74,23. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, bahwa penggunaan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan minat belajar siswa pada Pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 24 May 2018 04:04 |
Last Modified: | 24 May 2018 04:04 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/925 |
Actions (login required)
View Item |