Implementasi Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMP Unggul Kota Padang

MARJOHAN HADIDI, - (2018) Implementasi Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMP Unggul Kota Padang. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lengkapnya sarana prasarana yang ada di SMP Unggul Kota Padang, seperti, SMPN 1, SMPN 8 Padang, dalam penelusuran lapangan ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran di kelas, guru di SMP Unggul Kota Padang menggunakan media pembelajaran, termasuk di dalamnya guru PAI, namun belum semua media yang dimanfaatkan oleh guru PAI dan Budi Pekerti. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka yanng menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pemanfaatan media pembelajaran dalam Bidang Studi PAI dan Budi Pekerti di SMP unggul kota Padang ?, agar pembehasan ini terarah dengan baik maka penulis memfokuskan permasalahan kepada 1. media pembelajaran apa saja yang digunakan oleh guru PAI dan Budi Pekerti pada saat proses pembelajaran, 2. bagaimana cara guru PAI dan Budi Pekerti dalam mendesain media pembelajaran di SMP unggul 3. bagaimana pemanfaatan media pembelajaran di SMP Unggul Kota Padang. Jenis penelitian ini adalahpenelitian lapangan (Field Research) karena informasi dan data yang diperlukan digali serta dikumpulkan dari lapangan. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan pelaku yang diamati.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dengan teknik snowballsampling. Sedangkan Sumber data terdiri dari pertama data primer yaitu sumber utama yang dijadikan sebagai sumber memperoleh informasi dalam penelitian ini 4 orang guru Pendidikan Agama Islam SMPN 1 Padang dan 3 orang guru Pendidikan Agama Islam SMPN 8 Padang. Jadi semua guru PAI di SMPN 1dan SMPN 8 Padang ini menjadi sumber utama penulis dalam mengumpulkan data di lapangan, sedangkan data sekunder penulis dapatkan dari sumber kedua yaitu kepala Sekolah, dan peserta didik SMPN 1 dan SMPN 8 Padang Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI di SMP Unggul Kota Padang terdiri dari media visual (buku cetak PAI, gambar, peta, poster, dan kartu), media audio (tape dan speker), media audio visual (video, laptop dan film-film), dan multi media (Infocus dan powerpoint), (2) cara guru PAI mendesain media pembelajaran ialah dengan mengidentifikasi kebutuhan siswa, mencocokan dengan materi, mendiskusikan dengan guru lain, melaksanakan dan eveluasi, (3) pemanfaatan media pembelajaran di SMP Unggul Kota Padang oleh masing-masing guru sudah dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran, hanya saja ada beberapa orang guru yang masih butuh bimbingan dalam menggunakan laptop untuk menampilkan powerpoint.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:30
Last Modified: 13 Nov 2019 02:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6780

Actions (login required)

View Item View Item