Pengaruh Motivasi Belajar dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Quran Hadis Peserta Didik MTs Pondok Pesantren Thawalib Padang

M. FAISOL, - (2018) Pengaruh Motivasi Belajar dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Quran Hadis Peserta Didik MTs Pondok Pesantren Thawalib Padang. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar Qur’an Hadiś peserta didik MTs Pondok Pesantren Thawalib Padang, 2). Untuk mengetahui pengaruh self regulated learning yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar Qur’an Hadiś peserta didik MTs Pondok Pesantren Thawalib Padang, dan 3). Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan self regulated learning yang positif dan signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar Qur’an Hadiś peserta didik MTs Pondok Pesantren Thawalib Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MTs Pondok Pesantren Thawalib Padang. Jumlah populasi sebanyak 89 peserta didik, yaitu kelas IX sebanyak 42 peserta didik dan kelas VIII sebanyak 47 peserta didik. Berdasarkan jumlah populasi yang tidak sampai 100 orang, maka diambil semuanya, sehingga penelitiannya menjadi penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Motivasi belajar memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar Qur’an Hadiś peserta didik MTs Pondok Pesantren Thawalib Padang, hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b 1 ) atau slope sebesar 0,449 serta nilai F (27.956) lebih besar dari F (3,09) dan nilai signifikan (0,000) lebih kecil dari nilai α=0,05. 2). Self Regulated Learning memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar Qur’an Hadiś peserta didik MTs Pondok Pesantren Thawalib Padang, hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b 2 tabel ) atau slope sebesar 0,435 serta nilai F (15.536) lebih besar dari F tabel hitung (3,09) dan nilai signifikan (0,000) lebih kecil dari nilai α=0,05. 3). Motivasi belajar dan self regulated learning secara bersama-sama (simultan) memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar Qur’an Hadiś peserta didik MTs Pondok Pesantren Thawalib Padang, hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b ) atau slope sebesar 0,404 dan nilai koefisien regresi (b 2 1 ) atau slope sebesar 0,358, serta nilai F (22.500) lebih besar dari F tabel hitung (3,09) dan nilai signifikan (0,000) lebih kecil dari nilai α= 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:23
Last Modified: 13 Nov 2019 02:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6773

Actions (login required)

View Item View Item