HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 34 PADANG

JULIA KAMPAR, - (2018) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 34 PADANG. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (12kB)

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor internal maupun eksternal, di antaranya faktor internal, yakni kecemasan dan self efficacy. Dengan demikian kecemasan dan self efficacy merupakan bagian yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Peserta didik merasa khawatir, gugup, dan mengalami ketakutan ketika proses pembelajaran, ujian, dan tampil di depan kelas. Hal ini karena self efficacy yang rendah pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecemasan dan self efficacy terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 34 Padang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII dan IX di SMPN 34 Padang tahun pelajaran 2018/2019, sebanyak 717 orang. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling, sehingga sampel yang diperoleh 81 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat digambarkan secara umum, terdapat hubungan (korelasi) antara kecemasan dengan hasil belajar peserta didik tingkat hubungan yang cukup kuat 0,62 atau 38,44 %. Terdapat hubungan (korelasi) antara self efficacy dengan hasil belajar peserta didik tingkat hubungan yang sangat rendah 0,157 atau 2,46 %. Hubungan antara kecemasan dan self efficacy peserta didik terhadap hasil belajar secara bersama-sama diperoleh tingkat hubungan yang rendah 0,219 atau 4,8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:21
Last Modified: 13 Nov 2019 02:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6768

Actions (login required)

View Item View Item