WAHYU SRIANTI, - (2018) Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SDIT Dar el-Iman Padang. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (CEVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (456kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (509kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (206kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (246kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah pendidik adalah salah satu referensi yang paling dominan bagi media belajar para peserta didik dibandingkan dengan beberapa sumber belajar lainnya. Peserta didik sering meraih prestasi dalam ajang lomba yang diikutinya, baik lomba antar sekolah di kota Padang maupun se-SUMBAR dan bahkan se-Indonesia. Pendidikpun diberikan pelatihan dalam rangka menjaga kualitas bacaan tahsin pendidik yang diadakan 2 kali dalam satu bulan, dengan mendatangkan musyrif dari luar yang kemampuannya lebih dibandingkan dengan pendidik tersebut, yang mana musyrifnya telah pernah belajar dengan orang yang telah memiliki sanad al-Qur’an. Di samping itu pada penerimaan pendidik yang akan mengajar di SDIT Dar el-Iman ini harus memiliki hafalan minimal 1 juz sampai dengan 3 juz. Adapun batasan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peran pendidik dalam memberikan motivasi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di SDIT Dar elIman Padang, dan bagaimana peran pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca alQur’an melalui pembelajaran tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di SDIT Dar el-Iman Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pendidik dalam memberikan motivasi untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di SDIT Dar-El-Iman Padang. Dan Untuk mengetahui bagaimana peran pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui pembelajaran tahsin di SDIT Dar-El-Iman Padang. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data yang konkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan di SDIT Dar el-Iman Padang. Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian yang dilakukan di SDIT Dar el-Iman yang berkaitan dengan peran pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di SDIT Dar el-Iman Padang menghasilkan bahwa 1. Pendidik di SDIT Dar el-Iman Padang berperan memberikan motivasi kepada peserta didik, setiap pertemuan peserta didik diberikan bimbingan dan motivasi, baik berupa kata-kata seperti nasihat, kata-kata pujian serta dengan memberikan nilai, point dan juga dalam bentuk gerakan-gerakan tubuh berupa ice breaking, yel-yel dan juga memberikan reward dan punishment. Dengan adanya motivasi tersebut peserta didik menjadi giat dalam membaca dan menghafal al-Qur’an. 2. Dalam pembelajaran tahsin pendidik menjadi ujung tombak dalam keberhasilan peserta didik untuk pandai, lancar, serta fasih dalam membaca al-Qur’an. Untuk itu pendidik diberikan pelatihan untuk selalu upgrade ilmu terkait dengan teori, praktik dan cara mengajar. Sehingga menghasilkan anak usia dini yang bagus dalam mebaca al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 38 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 02:08 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 02:08 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6759 |
Actions (login required)
View Item |