Konsep Kepemimpinan Pendidikan Menurut Islam

SYAIFUL ANWAR, - (2018) Konsep Kepemimpinan Pendidikan Menurut Islam. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (CEVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan. Pemimpin mempunyai tanggung jawab yang berat, mengingat perannya yang sangat besar, membutuhkan kewibawaan dan keahlian dalam membuat kebijakan sebagai jawaban dari kebutuhan satuan pendidikan. Kepemimpinan dalam pendidikan dipandang dari segi kelembagaan, kelas dan keluarga. Kepala sekolah atau madrasah merupakan pemimpin lembaga pendidikan yang fokus terhadap SDM dan SDA dalam lembaga yang dipimpinnya, pendidik merupakan pemimpin kelas yang berorientasi terhadap kelancaran dan keberhasilan peserta didik dan orang tua merupakan pemimpin dalam keluarga yang memberi tauladan kepada anak sebagai ustwah atau keteladanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep kepemimpinan pendidikan menurut Islam, meliputi; kepemimpinan dalam lembaga, kepemimpinan dalam kelas(pendidik) dan kepemimpinan dalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep kepemimpinan pendidikan menurut Islam yang meliputi : (1) kepemimpinan dalam lembaga pendidikan menurut Islam (2) kepemimpinan pendidikan dalam kelas (pendidik) menurut Islam. (3) kepemimpinan pendidikan dalam keluarga menurut Islam Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan/library research. Penelitian library research fokus mengkaji literatur-literatur yang ada di pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menelusuri literaturliteraratur sebanyak mungkin, terutama yang berhubungan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian adalah: 1) Kepemimpinan dalam lembaga pendidikan menurut Islam adalah proses memimpin lembaga pendidikan Islam yang bernuasa Islami pada lembaga pendidikan Islam, dengan pengelolaan (menagement) lembaga pendidikan untuk menjalankan prinsip-prinsip management menurut Islam. 2) Kepemimpinan pendidikan dalam kelas (pendidik) menurut Islam adalah proses memimpin kelas menurut Islam. Ada empat pendidik yaitu Allah, Rasul, orang tua dan pendidik (guru). Pendidik menurut Islam memiliki sifat-sifat terpuji dan menjalankan tugas dan tanggung jawab menurut Islam. 3)Kepemimpinan pendidikan dalam keluarga merupakan unit pendidikan utama dan pertama dalam pendidikan anak karena anak pada masa golden age, sebagaimana yang dicontohkan oleh lukman dengan mengajarkan tiga pokok pendidikan Islam yaitu pendidikan aqidah, pendidikan akhlak dan pendidikan ibadah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 40 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:07
Last Modified: 13 Nov 2019 02:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6757

Actions (login required)

View Item View Item