penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan inkuiri pada pembelajaran matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Sutera

TAUFIQURRAHMAN, - (2018) penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan inkuiri pada pembelajaran matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Sutera. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika peserta didik yang tidak belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Inkuiri pada kelas VII SMP N 1 Sutera (pesisir selatan)”. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Inkuiri lebih tinggi dari pada peserta didik yang tidak belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Inkuiri pada kelas pada kelas VII SMP N 1 Sutera. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 1 Sutera. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua kelas populasi. Setelah semua kelas diketahui normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII 3 dan kelas kontrol adalah kelas VII 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen adalah 77,08% dan rata-rata nilai tes kelas kontrol adalah 69,20%. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 62,85%, sedangkan pada kelas kontrol adalah 37,15%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh t hitung > t yaitu (1,83<2,12) dengan α i=i0,05 pada selang kepercayaan 95 %, maka keputusannya adalah H tabel ditolak dan H diterima artinya hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Inkuiri lebih tinggi daripada hasil belajar matematika peserta didik yang tidak belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Inkuiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:31
Last Modified: 19 Sep 2019 01:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6177

Actions (login required)

View Item View Item