Penerapan Strategi Pembelajaran Active Tipe Learning Start With A Question dalam Pembelajaran Matematika Peserta Dididk Kelas VII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018

WIRLI YURNIA SARI, - (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Active Tipe Learning Start With A Question dalam Pembelajaran Matematika Peserta Dididk Kelas VII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER, PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (BAB I)
11 Bab I.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (BAB II)
12 BAB II asli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text (BAB III)
13 BAB III.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (BAB IV)
14 BAB IV perbaikan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text (BAB V)
15 BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16 DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktifitas siswa dalam belajar yang disebabkan oleh siswa kurang berani untuk bertanya kepada guru atau teman, siswa kurang membaca materi yang akan dipelajari dan siswa memandang matematika sebagai pelajaran yang membosankan, sehingga timbulnya kurang rasa ingin tahu siswa dalam mempelajari matematika. Terlihat dari hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Salah satu penyebabnya adalah siswa takut bertanya dan menyampaikan ide dalam pembelajaran matematika. Siswa belum mampu membangun pengetahuannya sendiri serta siswa malas mengerjakan latihan mandiri. Usaha yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Active tipe Learning Start With A Question. Strategi LSQ merupakan strategi yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif, terutama aktif dalam bertanya dan bertujuan agar siswa mampu berfikir kritis, mandiri, mempunyai keterampilan bertanya, membaca, dan menyampaikan pendapat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Active tipe Learning Start With A Question pada pembelajaran matematika?”. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Melihat bagaimana aktivitas belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With A Question; 2) Mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik strategi pembelajaran aktif Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 12 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah 9 kelas dengan jumlah siswa kelas VII SMPN 12 Padang sebanyak 271 siswa tahun ajaran 2017/2018. Dengan teknik pengambilan sampel Random Sampling dan sampel yang terpilih adalah siswa kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol, yang terlebih dahulu pada data tersebut dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata populasi. Berdasarkan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa pada pengujian hipotesis menggunakan Independent samples t-test, data hasil tes diperoleh nilai t_hitung sebesar 1,765 dan nilai t_tabel sebesar 0,694 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan nilai t_hitung dan t_tabel dapat dilihat bahwa = 1,765 > = 0,694 yang menunjukkan ada pengaruh strategi pembelajaran active tipe Learning Start With a Question terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi aritmatika sosial tahun pelajaran 2017/2018. Hasil ini terbukti dari rata-rata kelas eksperimen > rata-rata kelas kontrol yaitu 71,56>62,9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:30
Last Modified: 19 Sep 2019 01:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6174

Actions (login required)

View Item View Item