Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Software Kvifsoft Flipbook Maker pada Materi Suhu, Kalor, dan Energi di SMP N 2 Bayang

RENI NOVIANTI, - (2018) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Software Kvifsoft Flipbook Maker pada Materi Suhu, Kalor, dan Energi di SMP N 2 Bayang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak reni.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
skripsi gaungan denga lampiran1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Reni Novianti. Nim 1414080704. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Software Kvifsoft Flipbook Maker Pada Materi Suhu, Kalor Dan Energi Kelas VII. Skripsi. Tadris IPA Konsentrasi Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2018. Halaman 1-128 keberhasilan siswa yang diindikasikan dengan permasalah belajar, yaitu. siswa tidak tertarik dalam membaca buku paket IPA. Siswa tidak termotivasi dalam membaca buku pelajarannya, siswa tidak merasa senang membaca dikarenakan sifat malas yang sudah menjadi kebiasaan, siswa bahkan tidak menyediakan waktu khusus untuk membaca buku pelajarannya. Siswa tidak melibatkan diri dalam membaca buku pelajaran atau mereka tidak berpartisipasi membaca buku pelajaran ketika guru meninggalkan ruangan kelas. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan tersebut tidak menarik dan membosankan. Modul yang digunakan oleh guru biasanya berupa fotocopy yang terkadang sudah usang dan mudah sobek terbawa siswa, e- modul yang sudah ada biasanya masih sederhana, e- modul tersebut baru hanya perpaduan teks dengan gambar, video yang ada pada e-modul masih terbatas, e-modul belum memuat animasi. Pendalaman materi yang terdapat dalam bahan ajar 2013 masih rendah. Salah satu bahan ajar yang diharapkan dapat meningkatkan minat membaca peserta didik yaitu dengan penggunaan software kvifsoft flipbook maker. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul menggunakan software kvifsoft flipbook maker pada materi suhu, kalor dan energi yang valid, praktis dan efektif. Penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model 4-D, mulai dari tahap pendefinisian (define), peracangan (design), pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Uji validitas bahan ajar menggunakan software kvifsoft flipbook maker dilakukan oleh lima orang ahli, dua orang ahli media, dua orang ahli materi, dan 1 orang ahli bahasa. Uji praktikalitas terhadap media pembelajaran IPA dilihat dari aspek kemudahan penggunaan bahan ajar menggunakan software kvifsoft flipbook maker dengan melihat lembar angket praktikalitas oleh pendidik IPA dan beberapa orang peserta didik kelas VII 5 SMP N 2 Bayang. Uji efektifitas terhadap bahan ajar menggunakan software kvifsoft flipbook maker dengan melihat minat baca peserta didik menggunakan lembar angket efektifitas oleh peserta didik kelas VII 7 SMP N 2 Bayang. Hasil penelitian menunjukkan, bahan ajar menggunakan software kvifsoft flipbook maker pada materi suhu, kalor dan energi kelas VII SMP N 2 Bayang meningkatkan minat baca peserta didik, bahan ajar menggunakan software kvifsoft flipbook maker pada materi suhu, kalor dan energi kelas VII SMP N 2 Bayang sangat valid dengan rata-rata 94.49% hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar menggunakan software kvifsoft flipbook maker layak digunakan sebagai sumber pembelajaran, sangat praktis dengan rata-rata 94.31% hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar kvifsoft flipbook maker dapat dioperasikan dengan lancar dan tidak terdapat kendala, dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP N 2 Bayang dengan rata-rata 83. 84% hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar sangat efektif digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Kata kunci: bahan ajar, kvifsoft flipbook maker, minat baca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:36
Last Modified: 19 Sep 2019 01:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6098

Actions (login required)

View Item View Item