Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyikapi Pergaulan Peserta Didik di SMP N 30 Padang

MUHAMMAD FADIL KHAIROT, - (2018) Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyikapi Pergaulan Peserta Didik di SMP N 30 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dkk.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV FADIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V FADIL.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Fadil Khairot, Bp. 411028 “Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyikapi Pergaulan Peserta Didik” (skripsi : 2018), Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Kosentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pergaulan peserta didik di sekolah ini ada pergaulan positif dan pergaulan negatif. Pergaulan yang sering dilakukan oleh peserta didik terlihat ada pergaulan positif yang sering menolong teman dalam kesulitan dan ada juga mereka membantu guru dikelas dan juga pergaulan negatif peserta didik nampak pada siswa ada beberapa yang melanggar aturan sekolah salah satunya seperti bolos, tidak disiplin, merokok, melawan guru, dan berkeliaran pada jam perlajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi guru bimbingan dan konseling dalam menyikapi pergaulan peserta didik di SMP N 30 Padang?”Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) Bentuk- bentuk pergaulan peserta didik di SMP N 30 Padang. (b) Dampak dari pergaulan peserta didik di SMP N 30 Padang. (c) Strategi guru bimbingan dan konseling dalam menyikapi pergaulan peserta didik di SMP N 30 Padang Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan fakta dan realita secara aktual dan akurat mengenai keadaan di lapangan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk pergaulan yang sering dilakukan oleh peserta didik pergaulan positif dan juga pergaulan negatif bentuk pergaulan positif mereka saling tolong menolong apabila teman dalam keadaan kesusahan dan mereka juga bergotong royong dan menolong guru disekolah. Dan bentuk pergaulan negatif yang mereka lakukan adalah bolos pada jam pelajaran berlangsung, merokok di kantin dan ada juga mereka yang melawan guru mata pelajaran. Dampak dari pergaulan peserta didik di SMP N 30 padang ini memang sudah berdampak, ada dampak positif yang terlihat dari pergaulan peserta didik yang sering menolong teman mereka lebih banyak disukai teman. Dan dampak dari pergaulan negatif karena mereka dikelas sering tidur dan tidak mau membuat tugas dan ada juga mereka yang mengganggu teman-temannya. Strategi yang dilakukan oleh guru BK sudah mulai berhasil karena guru BK bisa menyikapi pergaulan positif dan juga bisa menyikapi pergaulan negatif yang dilakukan peserta didik terkait dengan pergaulan positif guru BK memberikan dukungan. Dan terkait pergaulan negatif yang dilakukan guru bk memberikan tegurun terlibih dahulu setelah peserta didik tidak berubah baru adanya pemanggilan keruangan BK dan dilakukan konseling individual dan layanan responsif. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pihak sekolah, guru pembimbing, orang tua dan wali kelas lebih memberikan perhatian kepada anak yang memiliki pergaulan pergaulan positif dan pergaulan negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:13
Last Modified: 12 Sep 2019 06:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item View Item