Peran Keluarga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Negeri 38 Padang

RAHMAD PUTRA KAMPAI, - (2018) Peran Keluarga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Negeri 38 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
File gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Peran Keluarga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Kasus di SMPN 38 padang)” yang ditulis oleh Rahmad Putra Kampai, NIM. 1314030646 mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Tarbiyahdan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang rendahnya hasil belajar peserta didik di SMPN 38 Padang. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh permasalahan seperti peserta didik bolos dalam belajar, malas belajar, tidak membuat tugas, membuat keributan di dalam proses pembelajaran, dan berkata kasar kepada teman maupun kepada guru, dan tidak adanya peran keluarga terhadap pendidikan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi keluarga peserta didik, mengetahui hasil belajar peserta didik, dan untuk mengetahui bagaimana peran keluarga terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 38 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus yaitu penelitian yang merincikan tentang seseorang (individu) atau suatu unit sosial selama kurun waktu tertentu. Studi kasus ini akan melibatkan seorang peneliti dalam penyelidikan yang lebih mendalam dan pemeriksaan yang menyeluruh terhadap perilaku individu. Dalam hal ini individu yang dimakhsud adalah tiga orang peserta didik SMPN 38 Padang yang memiliki hasil belajar rendah. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik yang terlibat kasus tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan banyak melanggar aturan di sekolahdan memiliki hasil belajar yang rendah, guru Bimbingan dan Konseling, dan kepala sekolah di SMPN 38 Padang, Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumen data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukan Peran keluarga sebagai pendidik, keluarga sebagai pendidik bukan hanya sebagai pengajar tetapi juga melatih keterampilan anak terutama sekali melatih sikap mental anak, Namun berbeda dengan hal yang di temukan bahwasanya keluarga belum menjalankan perannya sebagai pendidik, keluarga peserta didik ini terlalu sibuk dengan pekerjaan masing masing sehingga tidak menjalani tugasnya sebagai pendidik untuk anak anaknya. Peran keluarga sebagai pembimbing, orangtua senantiasa memberikan bimbingan secara berkelanjutan. Namun berbeda dengan hal yang di temukan bahwasanya keluarga belum menjalankan perannya sebagai pembimbing peserta didik. Peran keluarga sebagai motivator, keluarga sebagai motivator memberiakan dorongan tentang pentingnya belajar. Namun berbeda dengan hal yang di temukan bahwasanya keluarga belum menjalani perannya sebagi motivatir terhadap anak meraka. Peran keluarga sebagai fasilitator, dalam belajar orangtua menyediakan berbagai fasilitas seperti media, alat peraga, termasuk juga dalam trasportasi belajar anaknya. Namun berbeda denagn hal yang di temukan bahwasanya keluarga belum menjalani perannya sebagi fasilitator terhadap belajar anaknya, keluarga peserta didik terlalu acuh terhadap hal hal yang dibutuhkan anak dalam pencapaian hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:33
Last Modified: 11 Sep 2019 06:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6068

Actions (login required)

View Item View Item