Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Proses Belajar Siswa SMPN 28

Lizarmi, Resa (2017) Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Proses Belajar Siswa SMPN 28. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Proses Belajar Siswa SMPN 28” disusun oleh RESA LIZARM I, NIM. 112.0 65 Jurusan SKI Konsentrasi Ilmu Informasi Perpu stakaan Adab dan Humaniora IAIN Imam Bonjol Padang . Perpustakaan merupakan gudang ilmu dan bahan bacaan yang berkaitan dengan dunia pendidikan maupun pengetahuan umum, sehingga keberadaanya diharapkan dapat memudahkan siswa dalam mencari referensi atau rujukan sumber ilmu yang sedang dipelajari. Dengan adan ya perpustakaan diharapkan setiap siswa akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Perpustakaan sekolah juga memberikan pelayanan berupa sarana edukatif untuk mempertinggi daya serap dan kemampuan penalaran dalam proses pembelajaran dan memperluas dunia i lmu pengetahuan, baik para guru maupun siswa dalam menunjang proses belajar mengajar yang ada di sekolah . Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana pendukung pendidikan di lingkungan sekolah bagaimana pun juga perpustakaan sekolah sangat mempengaruh i perkembangan suatu sekolah terutama prestasi peserta didik dan kewajiban sekolah tersebut. Sebab adanya sarana perpustakaan sekolah peserta didik biasa mencari infomasi tentang berbaga i hal tentang ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pemanfaatan Perpustakaan Dalam Menunjang Proses Belajar Siswa di SMPN 28 Padang, mengetahui kendala yang dihadapi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah SMPN 28 Padang. M etode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuant itatif berbentuk deskriptif yaitu metode penelitian dengan tujuan utama adalah untuk menggambarkan tentang suatu keadaan secara objektif. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, DAN menggambarkan “a pa adanya” tentang suatu variabel, gejala atau keadaaan. Hasi l penelitian menunjukkan bahwa b erdasarkan persentase siswa pemanfaatan perpustakaan SMPN 28 Padang tahun pelajaran 2015/2016 belum dalam kategori baik terlihat dari 75 responden menjawab 47,2% p ositif dan yang negatif menjawab 52,8%. Sedangkan dalam bentuk f asilitas perpustakaan SMPN 28 Padang tidak memadai untuk sebuah perpustakaan terlihat dari jumlah responden menjawab positif 13,8% dan yang negatif 86,2%. Seharusnya fasilitas yang mendukung p erpustakaan yaitu gedung atau ruangan merupakan komponen terselenggaranya perpustakaan dalam pemustaka dan pemanfaatan. Keyword: Pemanfaatan, Perpustakaan, Proses Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 07 Feb 2018 15:19
Last Modified: 07 Feb 2018 15:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item