Analisis Pengukuran Kinerja Koperasi Dengan Metode Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus Primkoppol Resort Bukittinggi)

Rahmayani, Rahma (2019) Analisis Pengukuran Kinerja Koperasi Dengan Metode Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus Primkoppol Resort Bukittinggi). Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING dan ABSTRAK)
A. COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK (PDF).pdf - Published Version

Download (587kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN (PDF).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmayani, Analisis Pengukuran Kinerja Koperasi dengan Menggunakan Metode Pendekatan Balance Scorecard (Studi kasus Primkoppol Resort Bukittinggi). Kinerja merupakan hasil kerja yang telah dicapai oleh seorang pekerja atau karyawan dan hasil tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Pengukuran kinerja akan menjadi informasi tentang prestasi pelaksanaan suatu rencana dan titik dimana perusahaan memerlukan penyesuaian-penyesuaian atas aktivitas perencanaan dan pengendalian. Pengukuran kinerja dapat dilakukan secara keseluruhan baik secara internal dan eksternal, dari sisi keuangan maupun non keuangan, pengukuran secara menyeluruh tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan metode analisis balance scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Primkoppol Resort Bukittinggi selama periode tahun 2017 dengan menggunakan metode balance scorecard pada perspektif keuangan dan perspektif pelanggan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan metode angket (kuisioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode balance scorecard dengan mengukur dua perspektif yaitu perspektif keuangan dan perspektif pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode balance scorecard dapat diambil kesimpulkan bahwa kinerja Primkoppol Resort Bukittinggi dilihat dari perspektif keuangan yaitu rasio lancar adalah sebesar 70% berada pada tingkat tidak baik, rasio utang atas harta14,20% dan rasio utang atas modal sendiri 16,56% pada tingkat sangat baik, rasio profitabilitas terdiri dari net profit margin 38,66% pada tingkat sangat baik, ROA 4,43% pada tingkat cukup baik, ROE 5,16 pada tingkat kurang baik, dan rasio aktivitas 0,11 kali pada tingkat tidak baik. Pada perspektif pelanggan untuk pangsa pasarmenurun sebesar -5,75% pada tahun 2017dan akuisisi pelangganterjadi penuruunan sebesar 2,79% pada tahun 2017 dibandingkan tahun 2016.Untuk tingkat kepuasan pelanggan berada pada kategori sedang karena kualitas pelayanan yang diberikan Primkoppol Resort Bukittinggi cukup baik. Kata kunci: Pengukuran Kinerja, Koperasi, Balance scorecard.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 23 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2020 14:25
Last Modified: 10 Mar 2020 14:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/3693

Actions (login required)

View Item View Item