HUSNATUL MARDHIYAH, - (2018) matematika peserta didik yang belajar strategi pembelajaran aktif tipe learning start with a question (LSQ) dan Question Student Have (QSH) di kelas X MIPA SMAN 1 Gunung Talang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
COVER. PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (232kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA HUSNA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (FULL TEKS)
FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gunung Talang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Gunung Talang yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Hal ini disebabkan karena strategi yang digunakan belum mendorong meningkatnya kemampuan pemahaman konsep. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA 3 sebagai kelas Question Student Have (QSH) dan X MIPA 1 sebagai kelas Learning Start With A Question (QSH) yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, waktu penelitian dimulai dari tanggal 17 Juli–04 Agustus 2018 di SMA Negeri 1 Gunung Talang tahun pelajaran 2018/2019 semester ganjil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada kelas X MIPA 1 sebagai kelas Learning Start With A Question (LSQ) dan X MIPA 3 sebagai kelas Question Student Have (QSH) serta untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan strategi Learning Start With A Question (LSQ) dan Question Student Have (QSH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas X MIPA 1 peserta didik sudah mampu menerapkan indikator pemahaman konsep dengan baik, indikator pemahaman konsep adalah: a) Memberi contoh dan noncontoh dari konsep. Indikator pemahaman konsep ini telah terpenuhi, tetapi beberapa peserta didik tidak lengkap dalam menuliskan jawabannya, menerapkan sifat-sifat eksponen, dan menentukan jenis pangkat pada hasil akhirnya. b) Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. Indikator pemahaman konsep ini telah terpenuhi tetapi beberapa peserta didik tidak lengkap membuat syarat persamaan eksponen tersebut dalam mengerjakan soal. Dalam mengerjakan soal peserta didik kurang teliti dalam perkalian, penambahan, dan pindah ruas dari kiri ke kanan. c) Mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Beberapa peserta didik tidak lengkap dalam memodelkan soal cerita matematika. Dilihat dari rata-rata kelas X MIPA 1 sebagai kelas Learning Start With A Question (LSQ) adalah 83,38 dari kelas X MIPA 3 sebagai kelas Question Student Have (QSH) adalah 80,5.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 20 Jun 2019 23:26 |
Last Modified: | 20 Jun 2019 23:26 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2875 |
Actions (login required)
View Item |