Pelaksanaan Metode Pemberian Tugas pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMAN 2 Gunung Talang

ETI LIDIA, - (2018) Pelaksanaan Metode Pemberian Tugas pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMAN 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
cover dkk.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
skripsi bab 1 sampai bab 5 baru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas observasi awal terhadap proses pembelajaran sejarah di SMAN 2 Gunung Talang bahwa pada saat pendidik memberikan tugas kepada peserta didik, terkadang tidak didampingi langsung oleh pendidik dan juga pendidik kurang menjelaskan cara-cara yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk mengerjakan tugas. sehingga peserta didik tidak sungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas, hal ini terlihat dengan peserta didik mencontek tugas temannya, mengerjakan dengan asal-asalan, bahkan terdapat juga peserta didik yang tidak mengerjakan tugas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Pelaksanaan Metode Pemberian Tugas pada Pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS SMAN 2 Gunung Talang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode pemberian tugas pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 2 Gunung Talang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran sejarah, dan peserta didik. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan pertama, SMAN2 Gunung Talang yang didirikan pada tanggal 5 Juni 2005 di jalan Tabek Ranggung Sukarami Arosuka. Kedua, pada perencanaan pelaksanaan pembelajaran sejarah yang dibuat pendidik tidak ditemukan rancangan penggunaan metode pemberian tugas tetapi dalam pelaksanaannya ada. Ketiga, pelaksanaan metode pemberian tugas dilakukan dalam bentuk, tugas individu yaitu membuat klipping serta menyimpulkan bacaan dan dikumpulkan setelah pelajaran selesai atau pada pertemuan selanjutnya, tugas rumah yaitu membuat resume dan beberapa daftar pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik dan dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya, dan tugas kelompok yaitu mendiskusikan satu pembahasan dari materi. Keempat, Evaluasi dalam metode pemberian tugas dilakukan melalui keaktifan peserta didik, kemampuannya dalam mempresentasikan tugas, dan kemampuannya memberikan jawaban dari beberapa pertanyaan, serta penilaian terhadap tugas-tugas secara individu. Kelima, Faktor pendukung dalam pelaksanaan metode pemberian tugas adalah adanya pendampingan langsung dari guru pada saat pelaksanaan tugas kelompok dan pemberian motivasi oleh pendidik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kekurangan sumber belajar, hal ini terlihat dengan terbatasnya buku sejarah di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2019 23:06
Last Modified: 22 Jun 2019 23:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item