HAINIL MUKHLIS, - (2018) penerapan strategi pembelajaran aktif tipe question student have pada pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
COVER DAN ABSTRA.pdf - Published Version Download (270kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (493kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (514kB) |
|
Text
BAB IV nil.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (188kB) |
|
Text
Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (261kB) |
|
Text
SKRIPSI HAINIL MUKHLIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang kurang aktif, masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan rata-rata nilai 58,06, Suasana dikelas didominasi dengan sikap siswa yang diam dan tidak memperhatikan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga hasil belajar fisika siswa masih rendah. Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have (QSH) merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memenuhi tuntutan kurikulum 2013 tersebut. Strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have (QSH) ini dipandang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dilakukanlah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have (QSH) dengan hasil belajar siswa yang diajarkan secara konvensional di kelas X IPA MAN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen, dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPA MAN 1 Padang Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Diperoleh kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif sebanyak 25 buah untuk penilaian kompetensi pengetahuan. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah uji kesamaan satu arah dengan menggunakan uji-t, karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Dari penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif untuk kelas ekperimen 81,33 dan untuk kelas kontrol 76,80. Berdasarkan analisis data diperoleh, t hitung = 2,15 dan t tabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung i > t tabel , sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. Kesimpulan yang didapatkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have ( QSH) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan secara konvensional pada kelas X IPA MAN 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 17 Jun 2019 03:50 |
Last Modified: | 17 Jun 2019 03:50 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2842 |
Actions (login required)
View Item |