PENGEMBANGAN LKPD MENGGUNAKAN MODEL IKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI PHET INERACTIVE SIMULATION PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MAN 1 PASAMAN BARAT

REMBULAN MENTARI, - (2018) PENGEMBANGAN LKPD MENGGUNAKAN MODEL IKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI PHET INERACTIVE SIMULATION PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MAN 1 PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVEER. PENGESAHAN DDAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (308kB)

Abstract

Rembulan Mentari, Nim 1314080822, Pengembangan LKPD Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing berbantuan Phet Interactive Simulation pada Pembelajaran Fisika di Kelas XI MAN 1 Pasaman Barat, Skripsi : Tadris IPA-FISIKA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. 1 halaman. Mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak dan tidak mudah dihubungkan dengan kejadian sehari-hari. Peserta didik hanya menerima pengetahuan secara abstrak (hanya membayangkan) tanpa mengalami sendiri melalui kegiatan laboratorium sehingga peserta didik mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran fisika karena menganggap fisika itu identik dengan rumus dan sulit untuk dipahami. Bahan ajar yang digunakan masih minim dan belum sepenuhnya mencerminkan langkah-langkah model Inkuiri Terbimbing yang direkomendasikan K-13. Usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan model Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phet untuk membantu pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah dihasilkannya sebuah bahan ajar berbentuk LKPD Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing berbantuan Phet Interactive Simulation pada Pembelajaran Fisika di Kelas XI yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Uji validitas LKPD dilakukan oleh beberapa orang ahli. Uji praktikalitas terhadap LKPD dilihat dari lembar angket praktikalitas oleh 2 orang pendidik fisika dan 17 orang peserta didik kelas XI MAN 1 Padang. Uji efektifitas terhadap LKPD dengan melihat minat belajar peserta didik kelas XI MAN 1 Pasaman barat menggunakan lembar angket efektifitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil LKPD menggunakan model Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phet pada materi hukum II newton dan hukum hooke sangat valid dengan nilai rata-rata 91,28, dengan kategori: kelayakan isi 86,36, kelayakan konstruksi media 87,5 dan kelayakan bahasa 100. LKPD menggunakan model Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phet sangat praktis dengan kategori: nilai praktikalitas produk oleh 2 orang pendidik fisika 86,25 dan praktikalitas oleh 17 orang peserta didik 88,81. LKPD menggunakan model Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phet efektif dengan nilai efektifitas oleh 35 orang peserta didik diperoleh hasil 92,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing berbantuan Phet Interactive Simulation pada Pembelajaran Fisika tergolong sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif. Kata Kunci : LKPD, Inkuiri Terbimbing, PhET Simulation Interactive, Hukum II Newton dan Hukum Hooke

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Tadris IPA (Fisika)
Date Deposited: 14 Jun 2019 22:04
Last Modified: 14 Jun 2019 22:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item