PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ADOBE PREMIERE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU, KALOR DAN TEORI KINETIK GAS

SISKA MATRIA, - (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ADOBE PREMIERE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU, KALOR DAN TEORI KINETIK GAS. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
COVER. PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (249kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah peserta didik kurang berkonsentrasi dalam belajar di kelas dan kurang termotivasi. Pendidik belum sepenuhnya menggunakan media pembelajaran yang menarik, sehingga peserta didik merasa fisika adalah mata pelajaran yang membosankan. Pelajaran fisika masih dianggap sebagian peserta didik tidak menarik dan sulit untuk dipahami. Banyak faktor yang melatar belakangi hal tersebut, diantaranya kurangnya minat dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran fisika serta penggunaan media yang kurang tepat. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mendayagunakan media pembelajaran menggunakan komputer untuk membantu proses berkomunikasi antara pendidik dengan peserta didik. Salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis adobe premiere untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi suhu, kalor dan teori kinetik gas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis adobe premiere untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi suhu, kalor dan teori kinetik gas yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model 4-D ( Thiagarajan dan Semmel). Mulai dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validitas, lembar praktikalitas, dan lembar efektivitas. Uji validitas media pembelajaran dilakukan oleh lima orang validator ahli, yaitu dua orang validator ahli media, dua orang validator ahli materi dan satu orang validator ahli bahasa. Uji praktikalitas dilakukan dua orang pendidik fisika, serta sepuluh orang peserta didik kelas XI IPA. Uji efektivitas dilakukan dengan cara memberikan angket kepada 24 orang peserta didik kelas XI IPA untuk melihat efektivitas media dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam uji validitas, praktikalitas dan efektivitas menggunakan angket dengan skala likert dan dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian media pembelajaran fisika berbasis adobe premiere untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi suhu, kalor dan teori kinetik gas yang dikembangkan sudah dapat dikatakan layak berdasarkan kategori kelayakan yaitu valid, praktis dan efektif. Validitas tersebut dapat dilihat dari penilaian lima orang validator dengan nilai rata-rata 90.49% kategori sangat valid. Praktikalitas dapat dilihat dari penilaian 2 orang pendidik fisika sebesar 76.25%, 10 orang peserta didik kelas XI IPA sebesar 93.33% kategori sangat praktis. Efektivitas media oleh 24 orang peserta didik kelas XI IPA sebesar 81.76% kategori sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis adobe premiere untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi suhu, kalor dan teori kinetik gas yang dikembangkan sangat valit, sangat praktis dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2019 06:29
Last Modified: 16 Jun 2019 06:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2816

Actions (login required)

View Item View Item