Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Adobe After Effect Pada Materi Suhu Dan Kalor Kelas VII MTsN 2 Kota Padang

RAHMATIKA, - (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Adobe After Effect Pada Materi Suhu Dan Kalor Kelas VII MTsN 2 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
COVER. PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB)

Abstract

Rahmatika. NIM. 1414080704. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Adobe After Effect Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas VII MTsN 2 Kota Padang”. Skripsi. Padang: Tadris IPA Konsentrasi Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. 246 halaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidik di MTsN 2 Kota Padang yang lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran kurang menarik, media pembelajaran fisika yang digunakan pendidik kurang bervariasi, umumnya menggunakan media papan tulis, spidol, dan buku cetak. Peserta didik menginginkan pembelajaran fisika yang nyata dan dapat diamati, sehingga mudah dimengerti. Kurangnya media pembelajaran yang inovatif serta keterbatasan jumlah media pembelajaran yang ada sering kali menjadi penyebab tidak optimalnya proses belajar mengajar di sekolah. Disamping itu rendahnya minat peserta didik untuk belajar IPA, hal ini salah satu penyebab dari media yang kurang menarik bagi peserta didik. Dalam hal ini pendidik mengiginkan sebuah media yang diambil dari buku pelajaran yang digunakan dan dibuat dalam bentuk video, bukan media yang bisa diambil dari internet yang pembahasannya terkadang tidak sesuai dengan pembelajaran yang berlangsung dan kurangnya kepuasan. Oleh karena itu, maka diperlukan suatu aplikasi software untuk membuat media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik yaitu dengan membuat media video yang materinya sesuai dengan pelajaran yang akan dibahas dan umumnya diambil dari buku yang digunakan. Software yang digunakan adalah adobe after effect, karena software ini mudah didapat, memiliki efek yang lebih bervariasi sehingga dapat menghasilkan tampilan video yang lebih menarik. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran fisika menggunakan adobe after effect pada materi suhu dan kalor kelas VII MTsN 2 Kota Padang yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan adobe after effect bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika menggunakan adobe after effect pada materi suhu dan kalor kelas VII MTsN 2 Kota Padang yang diminati peserta didik, untuk mengembangkan media pembelajaran fisika menggunakan adobe after effect pada materi suhu dan kalor kelas VII MTsN 2 Kota Padang yang valid, praktis dan efektif dengan menggunakan model 4-D, mulai dari tahap pendefinisian (define), peracangan (design), pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas media diberikan kepada 5 orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media/kontriksi, dan bahasa. Uji praktikalitas media diberikan kepada 2 orang pendidik IPA fisika dan 10 orang peserta didik kelas VII MTsN 2 Kota Padang dinilai dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan. Uji efektifitas diberikan kepada 25 orang peserta didik kelas VII 8 dinilai dari aspek minat belajar peserta didik. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan media pembelajaran fisika menggunakan aplikasi adobe after effect pada materi suhu dan kalor yang valid, praktis dan efektif. Media tersebut valid baik dari segi materi, media dan bahasa dengan nilai 90.30 dengan kategori sangat valid, kepraktisan media tersebut mempunyai nilai rata-rata 93.56 dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk keefektifan produk diperoleh nilai rata-rata yaitu 88.38 dengan kategori sangat efektif. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Adobe After Effect, Minat Belajar, Suhu dan Kalo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 31 May 2019 01:23
Last Modified: 31 May 2019 01:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2812

Actions (login required)

View Item View Item