Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas V dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) di MIN 6 Pesisir Selatan

NADYA EKA PUTRI, - (2018) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas V dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) di MIN 6 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
CCOVER. PENGEESAHAN AN ABSTRA.pdf - Published Version

Download (855kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Updated Version

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
FILE FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Nadya Eka Putri, 1414070041, Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas V dengan menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) di MIN 6 Pesisir Selatan, Skripsi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. 107 halaman. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn di kelas V MIN 6 Pesisir Selatan dengan rata-rata 61,95. Proses belajar mengajar pendidik masih kurang bervariasi dalam pembelajaran, dimana pendidik lebih dominan menggunakan metode ceramah, dan pendidik masih bersifat teaching center. Sehingga peserta didik belum terlihat mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran dan bekerjasama dalam diskusi (oral activities), peserta didik belum bisa menanggapi pertanyaan (mental activities), aktivitas peserta didik terlihat masih rendah selama pelaksanaan pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn setelah menggunakan model Inside Outside Circle di kelas V MIN 6 Pesisir Selatan. sedangkan secara khusus adalah untuk mengetahui peningkatan oral activities (kegiatan lisan), mental activities (kegiatan mental) dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn. Manfaat penelitian ini secara teoritis untuk mengembangkan konsep pembelajaran PKn dengan model Inside Outside Circle di SD/MI. Secara praktis penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, peserta didik, dan bagi kepala sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas V MIN 6 Pesisir Selatan. Instrumen penelitiannya adalah lembar observasi dan lembar tes. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II, aktivitas dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus I menunjukkan bahwa: pertama oral activities (kegiatan lisan) memperoleh rata-rata 62,82%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,29%. Kedua mental activities (kegiatan mental) pada siklus I memperoleh rata-rata 55,63%. Pada siklus II meningkat menjadi 79,38%, hal ini disebabkan karena peserta didik sudah menguasai materi pembelajaran, sudah mampu menanggapi dengan bahasa yang baik. Aktivitas pendidik juga mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh rata-rata 71,88% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu dengan rata-rata 87,5%. Sedangkan hasil belajar peserta didik yaitu pada siklus I dari 20 orang peserta didik 9 orang (45%) yang tuntas dan 11 orang (55%) yang belum tuntas dengan rata-rata 69. Pada siklus II mengalami peningkatan dari 20 orang peserta didik 16 orang (80%) yang tuntas dan 4 orang (20%) yang belum tuntas dengan rata-rata 79. Dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model Inside Outside Circle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 6 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:23
Last Modified: 12 Sep 2019 07:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item