NINDI FEBRI INKASARI, - (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran IPA di SDN 22 Kampung Luar Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Cover, Persetujuan, Abstrak.pdf - Published Version Download (437kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf - Published Version Download (200kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf - Published Version Download (285kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf - Published Version Download (100kB) |
|
Text
16. DARTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (83kB) |
|
Text
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru dan belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa cenderung pasif. Oleh karena itu, salah satu cara yang digunakan guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling. Kelas yang terambil sebagai kelas eksperimen adalah kelas VA dan kelas kontrol adalah kelas VC. Pelaksanaan proses pembelajaran pada kelas eksperimen adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization,sedangkan pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar IPA dan tes untuk mengetahui hasil belajar IPAmateri tentang daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhi daur air. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan nilai tes akhir diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 81 dan ratarata nilai kelas kontrol 70. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung> ttabel (2,27>1,68) dengan α= 0,05 pada taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima artinya dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization memberikan hasil belajar IPA yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Sedangkan, analisis persentase aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar pada kelas ekseprimen adalah 42,71%, sedangkan pada kelas kontrol 35,56%. Jadi, dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization memberikan aktivitas belajar IPA yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:18 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2799 |
Actions (login required)
View Item |