TEGUH SEPRIANTO, - (2018) Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Tipe Explicit Instruction pada Kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
teguh cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version Download (445kB) |
|
Text
bab 1.pdf - Published Version Download (615kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (556kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (215kB) |
|
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (110kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang disampaikan guru di kelas masih bersifat konvensional, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kenyataannya lebih dari 50% siswa kelas IV yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minamal 75 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MIN 6 Pesisir Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction pada siswa kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan?. Masalah yang peneliti fokuskan yaitu upaya peningkatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang masih konvensional, peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction pada kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction di kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, penelitian ini berkolaborasi dengan guru kelas IV. Peneliti bertindak sebagai praktisi sedangkan guru kelas IV bertindak sebagai observer, subjek penelitian adalah 23 orang siswa kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan. Hasil penelitian diperoleh data bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dari 23 orang siswa, 9 orang siswa atau 39% yang dinyatakan tuntas dan 14 orang siswa atau 60,68% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas siswa 66,2%. Sedangkan hasil tes siklus II dari 23 orang siswa, 18 orang siswa atau 78,2% yang dinyatakan tuntas dan 5 orang siswa atau 21,7% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas siswa 77,3%. Aktivitas siswa selama pembelajaran juga mengalami peningkatan. Yaitu pada siklus I siswa yang memperhatikan penjelasan guru 71,7% meningkat pada siklus II 80,4%. Siswa yang bekerjasama dengan kelompoknya pada siklus I 60,8% meningkat 71,7%. Siswa yang mengemukakan pendapat pada siklus I 58,6% meningkat 73,9%. Siswa yang mengerjakan LKS pada siklus I 73,9% meningkat 84,7%. Dan siswa yang mengikuti pelajaran dengan baik pada siklus I 63% meningkat 76%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:14 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:14 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2793 |
Actions (login required)
View Item |