Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan

Febri Reski, - (2018) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text
FULLL OKE.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan, peserta didik belum memahami pembelajaran IPS. Materi yang disampaikan secara hafalan, pembelajaran berpusat kepada guru ( teacher center) Peserta didik tidak bisa mengeluarkan pendapat dalam pembelajaran dikarenakan tidak termotivasi dari pendidik. Rumusan masalah yang peneliti ajukan yaitu “Bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dikelas IV MIN 6 Pesisir Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada peserta didik kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan. Model pembelajaran Cooperative Script adalah salah satu strategi pembelajaran yaitu peserta didik saling bekerjasama secara berpasangan dan bergantian secara lisan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara kolaborasi antara peneliti dengan observer. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang di peroleh hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas pendidik dan peserta didik, tes awal dan tes akhirpembelajaran. Dalam penelitian. Langkah-Langkah dalam penelitian tindakan kelas ini yanitu 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan terteliti yang berjumlah 16 orng. Hasil penelitian pada siklus l pertemuan 1 dan 2 aktivitas peserta didik dengan rata-rata 64% dan 66% tergolong kedalam kategori cukup, sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 dan 2 aktivitas peseta didik mencapai rata-rata 74% dan 76% tergolong kedalam kategoti Baik. sedangkantes yang di lakukan pada siklus 1 dengan rata-rata nilai peserta didik 63,73, dari 16 peserta didik kelas IV hanya 6 orang yang mencapai ketuntasan 1 diantara nya mendapatkan nilai tertinggi yaitu 80 dan 10 peserta didik tidak mencapai ketuntasan dengan nilai terendah yaitu 50. Sedangkan tes akhir pada siklus llnilai ketuntasan peserta didik mencapai 80%,. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan pemahaman peserta didik setelah proses pembelajaran berlangsung yang tergambar dari hasil tes peserta didik, dari 16 peserta didik kelas IV 12 orang yang mencapai ketuntasan dengan nilai tertinggi yaitu 90, dan masih ada 4 peserta didik yang tidak tuntas dengan nilai di bawah KKM. Dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar peserta didik dengan materi masalah-masalah sosial di lingkungan sekitar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 15:37
Last Modified: 23 May 2019 15:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2787

Actions (login required)

View Item View Item