SURMA PUTRI, - (2018) Peningkatakan Kemampuan Menulis Ringkasan Isi Cerita melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Peserta Didik Kelas V MIN 1 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Cover, persetujuan pemb, abstrak.pdf - Published Version Download (242kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (453kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (464kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (57kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (111kB) |
|
Text
Full Skripsi.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
SURMA PUTRI, 1414070577 “Peningkatan Kemampuan Menulis Ringkasan Isi Cerita melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Peserta Didik Kelas V MIN 1 Pesisir Selatan” Skripsi : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Program Strata Satu UIN Imam Bonjol Padang, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan menulis ringkasan isi cerita peserta didik masih rendah. Peserta didik belum mampu menggunakan tanda baca dengan tepat, ejaan yang benar, menemukan gagasan utama dan mengurutkan gagasan pokok tiap paragraf. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah “Bagaimana meningkatkan kemampuan menulis ringkasan isi cerita peserta didik kelas V MIN 1 Pesisir Selatan melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition?” Batasan masalah yang peneliti fokuskan adalah penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan menulis ringkasan isi cerita dengan menerapkan ejaan yang benar, tanda baca yang tepat, menemukan gagasan utama tiap paragraf dan mengurutkan gagasan pokok pikiran tiap paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan isi cerita. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan kemampuan menulis ringkasan isi cerita peserta didik kelas V MIN 1 Pesisir Selatan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Model pembelajaran ini merupakan sebuah program komprehensif dalam pengajaran membaca dan menulis untuk kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dalam penelitian ini berupa observasi dan tes belajar peserta didik, sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 1 Pesisir Selatan yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 9 putra dan 9 putri. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan hasil tes belajar. Teknik analisis datanya berupa teknik analisis kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam menulis ringkasan isi cerita meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari penilaian proses dan penilaian hasil yang telah dilakukan. Persentase keberhasilan aspek pendidik pada siklus I 69,23%. Pada siklus II meningkat 92,30%. Persentase keberhasilan aspek peserta didik pada siklus I 65,38%. Pada siklus II meningkat 92,30%. Hasil pembelajaran dapat dilihat dari persentase hasil siklus I rata-rata nilai peserta didik 68,61 dengan persentase ketuntasan 44,44% sedangkan pada siklus II ratarata nilai peserta didik 81,94 dengan persentase ketuntasan 83,33%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2019 15:28 |
Last Modified: | 23 May 2019 15:28 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2777 |
Actions (login required)
View Item |