Problematika dan Solusi Implementasi Kurikulum 2013 (Studi Kasus Implementasi Kurikulum 2013 di SMPN 31 Padang)

FITRIANIS, - (2018) Problematika dan Solusi Implementasi Kurikulum 2013 (Studi Kasus Implementasi Kurikulum 2013 di SMPN 31 Padang). Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBUNG, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text
BAB I k13.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text
BAB II k13.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III k13.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV K13.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB V K13.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA k13.pdf - Published Version

Download (296kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Problematika dan Solusi Implementasi Kurikulum 2013 (Studi Kasus Implementasi Kurikulum 2013 di SMPN 31 Padang)” yang disusun oleh FITRIANIS, NIM. 1414010029, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013,perubahan tersebut memberikan kesulitan tersendiri bagi gurudikarenakan adanya perubahan dalam pembuatan RPP terutama dalam aspek penilaian yang harus dirancang secara khusus, hal ini memberikan kesulitan tersendiri bagi para guru terlebih yang belum mendapat pelatihan maksimal mengenai kurikulum 2013. Berdasarkan latarbelakang yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apa problematika yang dihadapi guru PAI dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, apa problematika yang dirasakan guru PAI dalam penilaian pembelajaran, bagaimana solusi terhadap problematika implementasi kurikulum 2013 yang dihadapi atau dirasakan guru PAI di SMPN 31 Padang. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka batasan masalah dalam penelitian ini adalah (1) problematika yang dihadapi guru PAI dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran (2) problematika yang dirasakan guru PAI dalam penilaian pembelajaran (3) solusi terhadap problematika implementasi kurikulum 2013 yang dihadapi atau dirasakan guru PAI di SMPN 31 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru PAI dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui problematika yang dirasakan guru PAI dalam penilaian pembelajaran, untuk mengetahui solusi terhadap problematika implementasi kurikulum 2013 yang dihadapi atau dirasakan guru PAI di SMPN 31 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dalam bentuk deskriptif yang bertujuan untuk mengambarkan kondisi yang diamati.Dengan sumber data pada penelitian ini guru Pendidikan Agama Islam (PAI), kepala sekolah danWakil kepala bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik pengolahan data dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) problematika yang dihadapi guru PAI dalam perencanaan kurang memahami konsep yang ada pada kurikulum 2013 dan dalam pelaksanaan pembelajaran kurang keahlian guru dalam meransang pemikiran peserta didik pada kegiatan pembelajaran, (2) problematika yang dirasakan guru PAI dalam penilaian pembelajaran dalam kurikulum2013 kurangnya waktu dalam pelaksanaan proses pembelajaran, sulitnya penilaian dan serta terlalu banyaknya jenis penilaian dalam kurikulum 2013 khususnya pada penilaian sikap, (3)solusi terhadap problematika implementasi kurikulum 2013 yang dihadapi atau dihadapi guru PAI di SMPN 31 Padangdengan cara melakukan pendekatan serta memberikan hadiah (reward), mengikuti pelatihan-pelatihan terkait Implementasi Kurikulum 2013, sharing antar sesama guru, mengikuti sosialisasi, MGMPlain sebagainya yang sekiranya bisa menunjang pemahaman guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 03:45
Last Modified: 13 May 2019 03:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2731

Actions (login required)

View Item View Item