Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Reciprocal Teaching Dengan Model Konvensional Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMK N 3 Padang

INGGRAT WELANO, - (2018) Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Reciprocal Teaching Dengan Model Konvensional Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMK N 3 Padang. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
Cover, persetujaun pembimbing, abstrak.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text
Full gabungan.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Perbedaan Hasil Belajar antara Model Reciprocal Teaching dengan Model Konvensional pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMK N 3 Padang”, ditulis oleh Inggrat Welano, NIM: 1414010258, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi Pendidikan Agama Islam. Hal ini dikarenakan munculnya rasa bosan dengan model pembelajaran yang monoton yaitu lebih banyak didominasi oleh pendidik, selain itu dalam proses pembelajaran peserta didik kurang berani untuk berpendapat ataupun bertanya serta menanggapi pertanyaan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Permasalahan ini mengakibatkan banyak peserta didik yang belum mampu memahami materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas X SMK N 3 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang sebagian besar belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model Reciprocal Teaching pada pembelajaran PAI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diterapkan dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pembelajaran PAI, gambaran hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran PAI, perbedaan hasil belajar antara model reciprocal teaching dengan model konvensional pada pembelajaran PAI. Jenis penelitian adalah eksperimen-semu (Quasi eksperimen) dengan desain penelitian control group pretest and posttest designt. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK N 3 Padang 2017/2018, untuk mendapatkan kelas sampel maka menggunakan teknik pengambilan sampel bertujuan (purposive sampling). Kelas yang dipilih sebagai eksperimen adalah kelas X AKL 2 dan kelas kontrol adalah X AKL 1 dengan pertimbangan ketika observasi awal pendidk bidang studi PAI mengatakan bahwa kedua lokal ini memiliki nilai rata-rata yang tidak terlalu jauh berbeda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berisi tes yang berbentuk soal objektif yang berupa pilihan ganda antara A sampai E. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dilakukan teknik analisa data dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan proram SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes kelas eksperimen adalah 83,5 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 71,5. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 93,75%, sedangkan pada kelas kontrol 37,5% dengan nilai KKM minimal 75. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh nilai t adalah 6,489 pada derajat kebebasan 31 lebih besar dari pada t tabel hitung sebesar 2,039 dilihat dari tabel sebaran t dengan nilai signifikan 2tailed lebih kecil dari nilai kritisnya 0,05 (0,000 < 0,05) berarti t i hitung > t yaitu 6,489 > 2,039 sehingga H a diterima dan H ditolak. Dengan demikian berarti terdapat perbedaan hasil belajar PAI peserta didik yang diajarkan dengan model reciprocal teaching dengan hasil belajar PAI peserta didik yang diajarkan dengan model konvensional di kelas X SMK N 3 Padang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model reciprocal teaching lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dibanding model konvensional. 0 tabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 00:53
Last Modified: 11 Sep 2019 00:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2711

Actions (login required)

View Item View Item