NURFADHILAH ARIEF, - (2018) Pembinaan di Asrama dan Kaitannya dengan Prestasi Santri di SMP Plus Ibnu Khaldun Tanjung Pati Kabupaten Limapuluh Kota. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text (COVER. ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (408kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (238kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (295kB) |
|
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN baru.pdf - Published Version Download (299kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL .pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan yang dilaksanakan di asrama sangat bergantung dengan keberadaan pembina asrama. Begitu juga dengan pencapaian prestasi santri, pembina asramalah yang menjadi pengawas, pembina, teladan, guru, sekaligus orang tua bagi santri asrama dalam membimbing santri menciptakan berbagai prestasi. Pada penelitian tentang “Pembinaan di Asrama dan Kaitannya dengan Prestasi Santri di SMP Plus Ibnu Khaldun Tanjung Pati Kabupaten Limapuluh Kota” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembina asrama dalam menjalankan tugasnya sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik atau non akademik serta kedisiplinan santri asrama di SMP Plus Ibnu Khaldun Kabupaten Limapuluh Kota. Penelitian ini berusaha mengungkapkan, menemukan dan menggali informasi tentang bagaimana pola pembinaan santri di asrama dan kaitannya dengan preatasi santri di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena, peristiwa dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan tiga temuan, sebagai berikut: Pertama, tugas pembina asrama dalam merancang atau menyusun program - program yang berkaitan dengan kegiatan pembinaan santri di asrama telah dirancang dan dilaksanakan dengan baik, seperti perancangan kegiatan pembinaan dalam bidang ibadah, akhlak, muamalah, pembelajaran dan pengorganisasian, serta penetapan aturan dan sanksi bagi santri. Kedua, kegiatan pembinaan yang dilakukan pembina asrama mampu mempengaruhi prestasi santri yang dapat dilihat dari peringkat setiap kelas di sekolah didominasi oleh santri yang menetap di asrama. Diantara kegiatan yang mempengaruhi tersebut adalah, ibadah, tadarus dan tahsin Al-qur’an, pembinaan akhlak, serta kegiatan belajar malam. Ketiga, pembina asrama menemukan beberapa hambatan dalam menjalankan program pembinaan. Hambatan tersebut berasal dari beberapa faktor yakni berupa hambatan dari santri, dari orang tua santri, dari lingkungan tempat tinggal santri dan lingkungan asrama. Kata Kunci : Pembina Asrama, Santri Asrama, Prestasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 00:50 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 00:50 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2707 |
Actions (login required)
View Item |