PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 16 PADANG BESI KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG

Herliani, Apsyah (2018) PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 16 PADANG BESI KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover dan abstrak)
1 cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
2 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
3 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
4 BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
5 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
6 BAB V.pdf - Published Version

Download (564kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
7 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (613kB)
[img] Text (File Gabungan)
8 gabungan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Herliani Apsyah, NIM. 1314070385, 2018: Penerapan Metode The Power of Two Dalam Pembelajaran Matematika Kelas III SDN 16 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya nilai matematika peserta didik di SDN 16 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang tahun ajaran 2017/2018 yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah untuk mata pelajaran matematika yaitu 75. Salah satu penyebabnya adalah peserta didik kurang bekerjasama dengan peserta didik lainnya dalam belajar di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah hasil belajar matematika peserta didik sesudah menerapkan metode the power of two lebih tinggi dari sebelum menerapkan metode the power of two di kelas III SDN 16 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik sesudah menerapkan metode the power of two lebih tinggi dari sebelum menerapkan metode the power of two. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika peserta didik sesudah menerapkan metode the power of two lebih tinggi dari sebelum menerapkan metode the power of two. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 16 Padang Besi dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 orang yang terdiri dari satu kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Dalam penelitian ini digunakan tes tertulis berbentuk soal isian. Penelitian dilaksanakan tanggal 22 November-12 Desember 2017. Sebelum dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode the power of two dilakukan tes awal (pretest), maka diperoleh rata-rata hasil tes pretest peserta didik adalah 61,17. Sesudah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode the power of two dilakukan tes akhir (posttest), maka diperoleh rata-rata hasil tes posttest peserta didik adalah 78. Selanjutnya untuk memeriksa hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t. Diperoleh thitung = 9,51 dan ttabel=2,07, karena thitung > ttabel (9,51>2,07) dengan α = 0,05, maka keputusannya adalah Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya hasil belajar matematika peserta didik sesudah menerapkan metode the power of two lebih tinggi dari sebelum menerapkan metode the power of two. Kata kunci: Matematika, Metode, the power of two

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pgmi
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:30
Last Modified: 26 Nov 2018 06:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item