DARMAWI, UTARI SEPTIAWATI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP IT SIRATHIL HAMIID PADANG. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.
Text (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II LANDASAN TEORI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (182kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (10kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I TARI NEW.pdf - Published Version Download (231kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III BARU.pdf - Published Version Download (347kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
Text (cover dan abstrak)
COVER, PERSETUJUAN, ABSTRAK TARI.pdf - Published Version Download (427kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar PAI dengan Menggunakan Model Pembelajaran Probing Prompting pada Peserta Didik Kelas VII SMP IT Shirathil Hamiid Padang” yang disusun oleh Utari Septiawati, NIM. 1314010394 Jurusan Pendidikan Agama IslamFakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan belajar. Pendidik menggunakan model pembelajaran Probing Prompting yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaranPendidikan Agama Islam pada kelas VII di SMP Islam Terpadu Sirhatil Hamid Padang. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas VII SMP Islam Terpadu Sirhatil Hamiid Padang. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting di kelas VII SMP Islam Terpadu Sirhatil Hamiid padang. Setelah menggunakan model pembelajaran Probing prompting. Model pembelajaran Probing Prompting ini merupakan suatu model pembelajaran dengan cara menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berfikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamnnya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari, agar dapat membantu siswa mengingat apa yang telah mereka baca. Diharapkan siswa lebih mudah memahami pembelajaran yang akan disampaikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 20 orang. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian melalui empat tahap yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang tindakan pendidik dan peserta didik, serta hasil tes yang diperoleh setiap akhir siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data penelitian adalah: catatan lapangan, observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penerapan model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga hasil belajar siswa dari 55% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II karena sudah mencapai KKM yaitu 75. Dengan demikian model pembelajaran probing Prompting ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Sirhatil Hamiid Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 01:24 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 01:25 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2417 |
Actions (login required)
View Item |