RABIATUL, ADABIAH (2018) Penggunaan Metode Diskusi Tipe “Buzz Group” dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.
Text (COVER)
cover.pdf - Published Version Download (627kB) |
|
Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version Download (507kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Download (289kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (167kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (272kB) |
|
Text (FULL TEXT)
ful skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Penggunaan Metode Diskusi Tipe “Buzz Group” dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok”. Disusun oleh Rabiatul Adabiah, NIM. 1414010726 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang Tahun 1439 H / 2018 M. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi bahwa guru sudah sering menerapkan metode diskusi kelompok kecil (buzz group) ini hanya beda pemakaian nama saja namun masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni tidak konsisten guru dalam menggunakan metode pembelajaran, belum profesionalnya guru dalam menggunakan metode diskusi ini dengan baik sehingga mengakibatkan peserta didik keluar masuk kelas, peserta didik tidak mengikuti diskusi dengan baik, peserta didik kurang termotivasi untuk belajar sehingga menimbulkan suasana kurang kondusif dan tidak berlangsung nyaman. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, dapat dirumuskan masalah adalah bagaimana penggunaan metode diskusi tipe “Buzz Group” dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok? Dalam hal ini dibatasi masalah tentang perencanaan, proses, dan hasil belajar penggunaan metode diskusi tipe “Buzz Group” dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan, perencanaan, proses, dan hasil belajar penggunaan metode ini. Jenis penelitian yang penulis lakukan dalam penulisan skripsi ini berbentuk penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang di SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan peserta didik di SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan tentang Penggunaan Metode Diskusi Tipe “Buzz Group” dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat disimpulkan bahwa perencanaan yang dilakukan guru sebelum pembelajaran yakni guru harus membuat sebuah RPP yang terdiri dari beberapa komponen. Perencanaan yang digunakan oleh guru sudah sesuai dengan teori yang ada. Penggunaan metode diskusi tipe Buzz Group ini sudah berjalan dengan baik namun masih ada langkah-langkah yang digunakan oleh guru PAI belum sesuai dengan temuan teori. Masih banyaknya kesulitan yang dijumpai guru saat metode diskusi ini digunakan. Kemampuan peserta didik ketika metode diskusi ini digunakan baik sekali, peserta didik lebih bersemangat untuk bertanya. Sehingga terlihat jelas dari hasil belajar peserta didik secara kognitif, afektif, dan segi psikomotor bisa dikatakan baik. kata kunci : penggunaan, metode diskusi tipe buzz group, PAI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 01:28 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 01:28 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2285 |
Actions (login required)
View Item |