yunita, arisanti (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 KUBUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
Text (cover, persetujuan pembimbing dan abstrak)
1 abstrak, cover, persetujaun.pdf - Published Version Download (621kB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (484kB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (401kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (166kB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Download (696kB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text
8 file gabungan.pdf Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK Yunita Arisanti NIM. 1314040718 :Implementasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Kubung Tahun Ajaran 2017/2018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMPN 4 Kubung yang belum terlihat maksimal dan proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Selain itu, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, cara belajar siswa cenderung individu. Penggunaan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan mengembangkan kemampuan kerjasama siswa kelas VIII SMPN 4 Kubung. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih tinggi dari pada kemampuan koneksi matematis siswa yang tidak diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di kelas VIII SMPN 4 Kubung. 2) untuk mengetahui perkembangan kemampuan kerjasama siswa yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di kelas VIII SMPN 4 Kubung tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Kubung Tahun Ajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis dan lembar observasi kemampuan kerjasama siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan koneksi matematis, diperoleh rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen 78,76 dan rata-rata siswa kelas kontrol 70,04. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh t_hitung= 1,968 >〖 t〗_tabel= 1,677. Ini berarti hipotesis yang diajukan diterima. Kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMPN 4 Kubung Tahun Ajaran 2017/2018 yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition lebih tinggi dari pada kemampuan koneksi matematis siswa yang tidak diajar dengan model pembelajarannya Auditory Intellectually Repetition (AIR). Dari pengolahan data lembar observasi kemampuan kerjasama siswa diperoleh rata-rata persentase keseluruhan kemampuan kerjasama yaitu 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama siswa yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di kelas VIII SMPN 4 Kubung sudah baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 01:40 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 01:40 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2159 |
Actions (login required)
View Item |