IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 KUBUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

yunita, arisanti (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 KUBUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover, persetujuan pembimbing dan abstrak)
1 abstrak, cover, persetujaun.pdf - Published Version

Download (621kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (696kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
8 file gabungan.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Yunita Arisanti NIM. 1314040718 :Implementasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Kubung Tahun Ajaran 2017/2018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMPN 4 Kubung yang belum terlihat maksimal dan proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Selain itu, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, cara belajar siswa cenderung individu. Penggunaan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan mengembangkan kemampuan kerjasama siswa kelas VIII SMPN 4 Kubung. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih tinggi dari pada kemampuan koneksi matematis siswa yang tidak diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di kelas VIII SMPN 4 Kubung. 2) untuk mengetahui perkembangan kemampuan kerjasama siswa yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di kelas VIII SMPN 4 Kubung tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Kubung Tahun Ajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis dan lembar observasi kemampuan kerjasama siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan koneksi matematis, diperoleh rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen 78,76 dan rata-rata siswa kelas kontrol 70,04. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh t_hitung= 1,968 >〖 t〗_tabel= 1,677. Ini berarti hipotesis yang diajukan diterima. Kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMPN 4 Kubung Tahun Ajaran 2017/2018 yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition lebih tinggi dari pada kemampuan koneksi matematis siswa yang tidak diajar dengan model pembelajarannya Auditory Intellectually Repetition (AIR). Dari pengolahan data lembar observasi kemampuan kerjasama siswa diperoleh rata-rata persentase keseluruhan kemampuan kerjasama yaitu 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama siswa yang diajar dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di kelas VIII SMPN 4 Kubung sudah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects:
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 01:40
Last Modified: 22 Nov 2018 01:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item