Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Kemampuan Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP N 19 Padang Tahun Ajaran 2017/2018

Cindy Amriza, Cindy (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Kemampuan Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP N 19 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN, ABSTRAK)
1.cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version

Download (777kB)
[img] Text (BAB 1)
2.Bab 1.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (BAB 2)
3.Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text (BAB 3)
4.BAB 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
5.BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text (BAB 5)
6. BAB 5.pdf

Download (467kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
8. FULL SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Cindy Amriza : NIM. 1314040783 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Kemampuan Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP N 19 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 19 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu, proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik serta peserta didik enggan bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Usaha yang bias dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe The Power Of Two dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 19 Padang tahun ajaran 2017/2018 yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe The Power Of Two lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang tidak diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe The Power Of Two. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu(Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 19 Padang sebanyak 190 peserta didik pada tahun ajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII-5 dan kelas kontrol adalah kelas VII-6. Berdasarkan hasil penelitian diperolehan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik untuk kelas eksperimen 79,34 dan untuk kelas kontrol 74,35. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 69%, sedangkan pada kelas kontrol 55%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung>ttabel (1,893>1,645) dengan taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menerapkan Model pembelajaran Kooperatif tipe The Power Of Two lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang tidak diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 04 May 2018 04:30
Last Modified: 22 Nov 2018 01:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item View Item