Yessa Tri Ardina, Yessa (2018) Eksperimentasi Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas X MIPA MAN 1 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
Text (cover,abstrak dan persetujuan pembimbing)
cov, prstjuan abstrak.pdf - Published Version Download (546kB) |
|
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (644kB) |
|
Text (bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
Text (bab III)
BAB III.pdf - Published Version Download (624kB) |
|
Text (bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
Text (bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (324kB) |
|
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (211kB) |
|
Text (gabungan skripsi)
gabungan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X MIPA MAN 1 Padang, terlihat dari persentase nilai ujian tengah semester yang sebagian besar peserta didik masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Salah satu penyebabnya adalah peserta didik kurang dalam memahami bentuk dan simbol di dalam pembelajaran matematika serta peserta didik kurang memperhatikan pendidik menerangkan pelajaran di depan kelas. Adapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan dengan model kooperatif tipe TAI lebih tinggi dari pada peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa pada peserta didik kelas X MIPA MAN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA MAN 1 Padang sebanyak 108 orang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel berupa Random Sampling dan sampel yang terpilih adalah peserta didik kelas X MIPA3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA2 sebagai kelas kontrol, yang terlebih dahulu ditentukan melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata populasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep matematis dengan model kooperatif tipe TAI 78,74 dan nilai rata-rata pemahaman konsep matematis dengan model pembelajaran biasa 60,07. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh t_hitung=6,431>t_tabel=1,645 dengan taraf kepercayaan 95%, maka hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan dengan model kooperatif tipe TAI lebih tinggi dari pada pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa pada peserta didik kelas X MIPA MAN 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 01:55 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 01:55 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1840 |
Actions (login required)
View Item |