Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa di MTsN Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota

Egia, Puteri (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa di MTsN Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (file gabungan)
skripsi pdf bnr.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text (cover)
1 COVER.pdf - Published Version

Download (24kB)
[img] Text (persetujuan pembimbing)
4 persetuuan pembimbing.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (abstrak)
6 ABSTRAK bnr.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (bab i)
1 BAB I.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text (bab ii)
2 BAB II revisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text (bab iii)
3 BAB III.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text (bab iv)
4 bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text (bab v)
5 BAB V.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (daftar pustaka)
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Egia Puteri, 1314080298, Penerapan Model Pembelajaran Kooperaatif Tipe Talking Stick Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa di MTsN Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota, Skripsi. Jurusan Tadris IPA konsentrasi Fisika Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran, banyak siswa yang kurang siap dalam menghadapi pembelajaran, hanya sebagian kecil siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari guru, dan pemahaman konsep fisika siswa masih rendah. Kemudian pembelajaran yang dilaksanakan guru masih menggunakan model konvensional. Berdasarkan latar belakang tersebut, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick lebih baik daripada pemahaman konsep fisika siswa yang diajarkan secara konvensional di kelas VII MTsN Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen, dengan rancangan penelitian posstest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsN Piladang Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Diperoleh kelas VII_5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII_4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pemahaman konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 10 buah. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t melalui program SPSS versi 16, karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Dari penelitian diperoleh rata-rata hasil kelas ekperimen 80.67 dan untuk kelas kontrol 71.21. Berdasarkan analisis data diperoleh, thitung =4.027 dan ttabel = 1,672 pada taraf nyata 0,05. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.Kesimpulan yang didapatkan bahwa Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick memberikan pemahaman konsep yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional di kelas VII MTsN Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:05
Last Modified: 25 Jul 2018 02:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item