PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIZH AL QUR’AN DI SMAN 1 PADANG

SUKMA, DARI (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIZH AL QUR’AN DI SMAN 1 PADANG. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (727kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka baru.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini disusun oleh Sukma Dari BP. 1314010096 dengan judul “Pelaksanaan Pembelajaran Tahfizh Al Qur’an di SMAN 1 Padang”. Skripsi ini dilatar belakangi oleh: SMAN 1 Padang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas di Kota Padang yang berhasil dalam Pembelajaran Tahfizh Al Qur’an. Hal ini terlihat pada prestasi yang diraih oleh siswanya yaitu. SMAN 1 Padang sudah empat periode mensukseskan siswanya dalam program Tahfiz Qur’an dengan jumlah hafalan rata-rata 1-3 juz dan yang lebih menariknya ada sebagian siswa yang hafal 7 juz pada tahun 2014, 17 jus tahun 2015, tahun 2016 hafalan tertinggi siswa mencapai 11 juz dan pada tahun 2017 hafal tertinggi siswa mencapai 20 juz. Pertanyaanya bagimana pelaksanaan Pembelajaran Tahfizh Al Qur’an Di SMAN 1 Padang. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui langkah- langkah Pembelajaran Tahfizh Al Qur’an di SMAN 1 Padang, untuk mengetahui evaluasi Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di SMAN 1 Padang, dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfizh Al Qur’an serta solusi oleh Guru Tahfizh Al Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan hasil penelitian sesuai dengan data yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa: langkah-langkah pembelajaran Tahfizh Al Qur’an terdiri persiapan dan pelaksanaannya.persiapan guru menyediakan program berupa target hafalan yang harus dicapai siswa. pelaksanaannya terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun metode yang dipakai adalah diserahkan kepada siswa sesuai dengan cara siswa menghafal Al Qur’an. Evaluasi Pembelajaran Tahfizh Al Qur’an dilakukan disetiap pertemuan dan disetiap semesternya,kemudian disetiap tahunnya dimeriahkan oleh Acara Wisuda Tahfizh Al Qur’an. Adapun yang menjadi kendala dalam pembelajaran Tahfizh Al Qur’an serta solusi oleh guru Tahfizh Al Qur’an adalah pertama masih ada sebagian kecil siswa yang kurang semangat dan belum terbiasa dalam menghafalkan Al Qur’an. solusi dari guru adalah selalu memberi motivasi kepada siswa dan membiasakan siswa menghafalkan Al Qur’an. Kedua waktu evaluasi yang singkat, solusi dari guru adalah menyambung waktu evaluasi diluar jam pembelajaran seperti waktu istirahat dan ketika mau pulang sekolah sebelum atau sesudah shalat Ashar di Mesjid sekolah. Ketiga hafalan siswa yang beragam solusi adanya lembar Muraja’ah siswa untuk mengontrol hafalan siswa, guru menyesuaikan hafalan siswa tanpa membatasi hafalan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 01:33
Last Modified: 19 Jul 2018 01:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item