Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 1 Padang

Dapit, Andapit Saputra (2018) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 1 Padang. Masters thesis, Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang.

[img]
Preview
Text
Cover Pengsahan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB 1.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III yes.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV asli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text
GABUNGAN TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Andafit Saputra, Nim 088162506, Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 1 Padang, Tesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang pada Program Studi Pendidikan Agama Islam tahun 2018. Kepala madrasah adalah faktor penting bagi keberhasilan lembaga pendidikan. Peranan kepala madrasah berawal dari standar kepala sekolah/madrasah yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007. Terdapat dua aspek, kualifikasi dan kompetensi sebagai modal awal sebagai kepala sekolah. Modal yang dimiliki kepala sekolah perlu didorong dengan lima peranan sebagai pemimpin yang efektif. Kelima peranan tersebut adalah sebagai katalisator yang menggairahkan, motivator yang visioner, penghubung yang terkendali, pelaksana yang teguh, dan ahli yang bijaksana. Peranan ini berfungsi untuk mengembangkan nilai karakter di sekolah melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Oleh sebab itu sangat diperlukan kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka, rohis, tahfiz qur’an dan tapak suci di MAN 1 Padang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui: kegiatan ekstrakurikuler pramuka, rohis, tahfiz qur’an dan tapak suci di MAN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala MAN 1 Padang, sedangkan yang menjadi sumber data sekunder adalah wakil kepala kesiswaan, wakil kepala kurikulum, guru dan peserta didik MAN 1 Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka, dengan cara memotivasi pembina dan peserta didik dalam melaksanakan kepramukaan, melalui kegiatan baris-berbaris, sehingga tercapai dalam mengembangkan karakter disiplin, bertanggung jawab, percaya diri, kepemimpinan, mandiri, suci dalam fikiran, perkataan dan perbuatan yang sesuai dasa dharma pramuka. (2) Kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler rohis, sebagai penghubung terkendali antara pembimbing dan peserta didik sehingga kegiatan rohis dapat berjalan dengan baik dalam mengembangkan karakter jujur, mandiri, disiplin, peduli, percaya diri, kreatif, bertanggung jawab dan gigih. (3) Kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler tahfiz qur’an, dengan cara mengarahkan dan memotivasi pembimbing dan peserta didik dalam menjalankan kegiatan tahfiz qur’an, dalam mengembangkan karakter disiplin, mandiri, sabar dan bertanggung jawab. (4) Kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler tapak suci, dengan cara memberi motivasi kepada pembimbing dan peserta didik untuk meningkatkan kualitas ekstrakurikuler tapak suci, sehingga dapat mengembangkan karakter kejujuran, tanggung jawab, mandiri, kerja keras dan cinta damai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 07:29
Last Modified: 22 Aug 2019 03:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item