Yeni, Sepri (2018) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Nht Kelas VIII SMPN 1 Painan Ta 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.
|
Text (Cover)
COVER, ABSTARK, PERSPEM PDF.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (469kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (704kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (283kB) | Preview |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (229kB) |
||
|
Text (Lengkap)
SKRIPSI FULL LENGKAP.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK SEPRI YENI : Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT Kelas VIII SMPN 1 Painan TA 2017/2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 Painan tahun ajaran 2017/2018. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi dan kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, untuk itu diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada pembelajaran biasa. 2) Mengetahui hasil belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada pembelajaran biasa. 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe NHT. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Painan. Teknik pengambilan sampel random sampling. Diperoleh kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen I (STAD), kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen II (NHT) dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa). Instrument yang digunakan berupa tes akhir hasil belajar matematika. Waktu penelitian ini dimulai tanggal 07-26 Agustus 2017 di SMPN 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen I 83,32, kelas eksperimen II 77,63, dan kelas kontrol 71,23. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh ttabel = 1,67 dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada pembelajaran biasa dengan thitung =3,69, ini berarti thitung > ttabel , hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada pembelajaran biasa dengan thitung =2,05, ini berarti thitung > ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, dan hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe NHT dengan thitung =1,79, Ini berarti thitung > ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. kata kunci: STAD, NHT, Perbedaan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 24 May 2018 06:32 |
Last Modified: | 24 May 2018 06:32 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1060 |
Actions (login required)
View Item |