Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI MAN Kota Solok

Sartika, Dara (2018) Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI MAN Kota Solok. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (cover)
cover.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
bab 1 baru.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img] Text (bab II)
BAB II baruu.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
bab III baru.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img] Text (FILE GABUNGAN)
gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dara Sartika, NIM 1314090865“Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI MAN Kota Solok”Skripsi Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru sejarahdalam proses belajar mengajar menggunakan metode yang kurang variatif yaitu ceramah dan dikte, guru sejarah juga tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru sejarah dalam pemahaman peserta didik, mengetahui kompetensi pedagogik guru sejarah dalam pengembangan kurikulum/silabus, mengetahui kompetensi guru sejarah dalam perancangan pembelajaran, mengetahui kompetensi guru sejarah dalam pelaksanaan pembelajaran, mengatahui kompetensi guru sejarah dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan mengetahui kompetensi guru sejarah dalam evaluasi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran sejarah di kelas XI MAN Kota Solok. Penelitianinimerupakanjenis penelitiandeskriptifkualitatif, yang tergolong ke dalam penelitian lapangan (field researh).Informanpenelitianadalah 1 Waka Kurikulum, 2 orang GuruSejarah, 4 orangPeserta Didik kelas XI MAN Kota Solok. Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi, sedangkanteknikanalisis data yaitumeliputipengumpulan data, reduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Temuan dan hasil penelitian dalam penelitian ini adalah : a) guru sejarah sudah mampu memahami peserta didik, dibuktikan dengan guru yang memberikan kesempatan yang sama kepada peserta didik dalam belajar; b) guru sudah mampu mengembangkan kurikulum/silabus hal ini terbukti dengan silabus yang sesuai Permendikbud No. 49 tahun 2014; c) guru sejarah kurang mampu dalam perancangan pembelajaran dibuktikan dengan adanya guru sejarah yang pengambil RPP dan silabus dari internet; d) guru sejarah kurang mampu dalam pelaksanaan pembelajaran dibukti dengan tidak disampaikannya tujuan pembelajaran, adanya guru sejarah tidak menggunakan media, dan tidak terlaksananya kegiatan penutup; f) guru sejarah masih kurang dalam pemanfaatan teknologi; g) guru sejarah masih kurang mampu dalam melakukan evaluasi pembelajaran dibuktikan dengan penilaian sikap dilakukan ketika pengisian rapor. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran sejarah di kelas XI MAN Kota Solok perlu pembinaan dari pihak yang berwenang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 06:27
Last Modified: 24 May 2018 06:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item View Item