Analisis Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dengan Pondok Pesantren MTI Canduang Kab. Agam

HARYUNI HARIATI, - (2018) Analisis Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dengan Pondok Pesantren MTI Canduang Kab. Agam. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dan Pondok Pesantren MTI Canduang Kab. Agama, tentang sistem pendidikan yang diterapakan di Pondok Pesantren. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Analisis Perbandingan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dengan Sistem Pengelolaan Pendidikan Pondok Pesantren MTI Canduang Kab. Agama. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah perbandingan sistem manajerial Pondok Pesantren, Sistem Kurikulum Pondok Pesantren, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan Sarana Prasarana Pendukung Pondok Pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa Perbandingan sistem manajerial, sistem kurikulum, pendidik, kependidikan, sarana dan prasarana Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dengan Pondok Pesantren MTI Canduang Kab. Agama Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku-buku yang berkaitan dengan Pondok Pesantren tentang pendidikan Islam, pimpinan pondok, pengurus, pendidik dan peserta didik di area Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dan Pondok Pesantren MTI Canduang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul penulis analisis melalui analisis kualitatif yaitu dengan urutan sebagai berikut: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berhasil menemukan (1) sistem manejerial Sumatera Thawalib Parabek merujuk kepada Visi dan Misi, satu dalam dua tahun melakukan praraker dalam pembentukan struktural menajemen, MTI Canduang melakukan evaluasi menajemen satu kali dalam setahun (2) sistem kurikulum Sumatera Thawalib Parabek yakni perpaduan antara kurikulum pondok dengan kurikulum dinas pendidikan dan kementrian agama sedangkan, MTI Canduang yakni kurikulum pondok plus madrasah yakni paralel antara kurikulum kemenag dengan pondok merujuk kepadakitab kuning dan memakai kurtilas (3) pada aspek Pendidik dan tenaga kependidikan Sumatera Thawalib sesuai dengan keahlian, minamal S.I,profesionalitas, dan dipublikasikan, MTI Canduang secara internal, jika tidak ada baru dengan di publikasikan (4) pada aspek sarana dan prasarana yang menjadi pendukung dalam proses belajar dan mengajar di Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi sudah lengkap dengan Tempat Tinggal Majelis guru dan MTI Canduang Kab. Agam. Sudah lengkap, namun masi ada kekurangan yakni tempat tinggal majelis guru yang belum ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:21
Last Modified: 13 Nov 2019 02:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6769

Actions (login required)

View Item View Item