WAHYUDIN NOOR, - (2018) Model Manajemen Pembinaan Mutu Dosen Menuju Era Globalisasi (Studi pada UIN Imam Bonjol Padang. Doctoral thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (CEVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (511kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (429kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (313kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (299kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
disertasi lengkap OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebelum keluarnya Peraturan Presiden No. 35 Tahun 2017 tentang perubahan status IAIN menjadi UIN Imam Bonjol Padang pada tanggal 31 Maret 2017. Data yang digunakan sebagian besar adalah data sebelum perubahan status. Dan hanya sebagian kecil telah menyesuaikan dengan kondisi setelah perubahan status. Adapun permasalahan penelitian ini terletak pada: pertama, bidang pendidikan dan pengajaran, misalnya, UIN Imam Bonjol Padang masih kekurangan tenaga dosen tamatan S3, tidak sedikit dosen yang ketika mengajar hanya sekadar mengandalkan bakat alamiahnya saja, tanpa membekali diri dengan metodologi pembelajaran dan teknik penguasaan lokal, tidak adanya jumlah penambahan dosen yang bergelar profesor dan terjadinya pemangkasan anggaran untuk permohonan pengajuan profesor. Kedua, bidang penelitian, belum banyaknya dosen yang melakukan penelitian serius, penelitian yang dilakukan belum sepenuhnya mengarah kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Nasional pasal 43 ayat 2, yang menghendaki penelitian haruslah diarahkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa, minimnya dosen dalam menulis di jurnal-jurnal terakreditasi, baik nasional ataupun internasional. Ketiga, bidang pengabdian, kegiatannya masih belum jelas mengarah pada unggulan tertentu, kedalaman dan keluasan materi pengabdian belum banyak bersumber dari hasil penelitian sebagaimana dikehendaki Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Nasional pasal 55 ayat 3. Dari beberapa permasalahan di atas, menurut peneliti, muaranya terletak pada model manajemen pembinaan mutu dosen yang diterapkan di UIN Imam Bonjol Padang. Model manajemen pembinaan mutu dosen yang diterapkan di UIN Imam Bonjol Padang selama ini belum berjalan optimal. Buktinya: (1) pada perencanaan misalnya, realisasi anggaran untuk kegiatan di bidang pembinaan mutu dosen relatif kurang karena hanya pada kisaran 20% atau ±30 M dari total dana 140 M. (2) fungsi pengorganisasian yang masih menoleransi sikap ataupun pendekatan non-profesional dalam menempatkan personel/pekerjaan. (3) model kepemimpinan yang cenderung konvensional. (4) tidak berjalannya reward mechanism untuk dosen berprestasi dan berkinerja tinggi. (5) kegiatan audit yang cenderung tidak terlampau ketat karena pemerolehan data hanya berdasar evaluasi berbasis kuantitatif dan audit internal yang juga bersifat kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Secara garis besar model penelitian dan pengembangan mencakup empat fase, xiii yaitu (1) define, yang meliputi studi pustaka/kajian literatur tentang teori-teori dan studi lapangan untuk mengetahui keadaan mutu dosen dan praktik manajemen pembinaan mutu dosen di UIN Imam Bonjol Padang. (2). Penyusunan draft model, meliputi kegiatan perancangan model atau produk awal manajemen pembinaan mutu dosen menuju era globalisasi. (3). Pengembangan model melalui uji coba produk yang meliputi tahapan focus group discussion I dan II serta validasi. Pada setiap tahapannya dilakukan revisi produk sampai didapatkan model akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, keadaan mutu dosen di UIN Imam Bonjol Padang dalam melaksanakan tugas tri dharma, sudah cukup baik. Bidang pendidikan dan pengajaran misalnya, prosentase dosen mengajar di lokal sebesar 99,33%; Bidang penelitian, kemampuan mempersiapkan rancangan dan keinginan berpartisipasi dalam penelitian cukup tinggi; Bidang pengabdian, meliputi perencanaan, pelaksanaan dan peloporan; Bidang bimbingan mahasiswa, mendorong sikap terbuka dan pemberian motivasi secara kontinue; Bidang pelaksanaan administrasi, secara umum kegiatan ini bisa terkoordinasi. Kendati demikian, terdapat beberapa faktor yang diduga kuat masih memengaruhi mutu pelaksanaan tugas tri dharma dosen. Faktor-faktor tersebut adalah diskoneksi keilmuan, sifat aliterat dan sikap kurang visioner. Kedua, praktik manajemen pembinaan mutu dosen di UIN Imam Bonjol Padang ditemukan beberapa permasalahan yang cukup mengganggu. Jikapun faktanya memang secara umum hal-hal yang berkaitan dengan praktik manajemen di bidang pembinaan mutu dosen, memang telah dilakukan dengan baik. Bidang perencanaan, dilakukan melalui tahapan, forecasting, objective, policies, programmes, schedules, procedures dan budget; Bidang pengorganisasian, dilakukan dengan melibatkan, membagi dan mengelompokkan semua unit sesuai dengan tugas, fungsi dan wewenang yang melekat; Bidang penggerakan, aspek kepemimpinan, komunikasi dan motivasi menjadi bagian cukup penting; Bidang pengawasan, kegiatannya dibagi atas, evaluasi berbasis kuantitatif dan audit internal yang bersifat kuantitatif. Namun demikian, beberapa masalah sebagaimana disinggung di atas, berimplikasi terhadap optimalisasi pencapaian dari manajemen pembinaan mutu dosen di UIN Imam Bonjol Padang. Beberapa permasalahan tersebut meliputi kontrol mutu, pendanaan, no rewards dan pertentangan internal. Dan ketiga, upaya pembaharuan manajemen pembinaan mutu dosen di UIN Imam Bonjol Padang, baik yang bersentuhan secara langsung ataupun tidak langsung dengan kegiatan pembinaan mutu tugas tri dharma dosen di UIN Imam Bonjol Padang sudah diupayakan efektif. Pembaharuan yang telah, sedang dan terus berjalan misalnya, kebijakan konsolidasi dan penguatan lembaga, pelaksanaan kegiatan pembinaan atau pengembangan dosen, khususnya yang menyangkut penguatan kompetensi pedagogik dan studi lanjut, peningkatan atau penambahan fasilitas sarana prasarana. Sementara itu, evaluasi yang berbasis kualitatif, adalah satu aspek pembaharuan yang terkait dengan kontrol mutu yang baru akan dijalankan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | S3 Pendidikan Islam s3pi |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 22:13 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 22:13 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6707 |
Actions (login required)
View Item |