FIZA HARIATI, - (2018) Penerapan Strategi Jenius Learning dengan Operan Kertas Ide untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X SMKN 1 Ranah Pesisir Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
PEMBIMBING, PENGUJI, KEORISINILAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
bab I fiza cubo.pdf - Published Version Download (976kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II zh cubo.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB III)
bab III aa.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (BAB IV)
bab IV a.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (279kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA_fiza.pdf - Published Version Download (17kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas X SMKN 1 Ranah Pesisir yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk mata pelajaran matematika adalah 70. Salah satu penyebabnya adalah suasana pembelajaran kurang kondusif, siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit, kurangnya disposisi matematis (sikap positif) siswa terhadap pelajaran matematika. Untuk itu, salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi genius learning dengan operan kertas ide ke dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi Genius Learning dengan operan kertas ide lebih baik dari pada kelas kontrol. (2) mengetahui disposisi matematis siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi Genius Learning dengan operan kertas ide. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Only Design. Dengan teknik pengambilan sampel random sampling terpilih siswa kelas X ATPH1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X ATPH2 sebagai kelas control. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi Genius Learning dengan operan kertas ide lebih baik dari siswa kelas kontrol, dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa ratarata hasil tes akhir siswa kelas eksperimen adalah 72,67 sedangkan rata-rata hasil tes akhir siswa kelas kontrol adalah 65,77. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh t hitung = 1,788 dan t = 1,645 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti t hitung > t tabel tabel , hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Disposisi matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan disposisi matematis siswa kelas kontrol. Berdasarkan persentase nilai angket disposisi matematis siswa, kelas eksperimen 79,19% termasuk dalam kategori tinggi dan kelas kontrol 74,01% termasuk dalam kategori sedang, hal ini menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa yang menggunakan strategi Genius Learning lebih tinggi dari kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 01:32 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 01:32 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6178 |
Actions (login required)
View Item |