STRATEGI PERENCANAAN KOMUNIKASI PENGELOLA MUSEUM ADITYAWARMAN DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG

Wella, tanjung (2019) STRATEGI PERENCANAAN KOMUNIKASI PENGELOLA MUSEUM ADITYAWARMAN DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (Cover)
1. Cover.docx - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Persetujuan Pembimbing)
Persetujuan Pembimbing.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (Abstrak)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (846kB)
[img] Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (657kB)
[img] Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (FUL FILE)
D. Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Strategi Perencanaan Komunikasi Pengelola Museum Adityawarman Dalam Meningkatkan Pengunjung)” disusun oleh Wella Tanjung NIM. 1412010210 Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Sejauh ini objek wisata yang dikunjungi wisatawan cendrung bersifat menguji ardenalin dan bersifat modren, namun Museum Adityawarman tetap eksis memberikan pelayanan terhadap pengunjung dari tahun ketahun agar tetap dikunjungi oleh wisatawan baik itu daerah maupun mancanegara. Banyaknya tempat-tempat pariwisata yang ada di Sumatera Barat terkhususnya di kota Padang, tentu menjadi tugas tambahan bagi pihak museum untuk menarik perhatian masyarakat supaya mengunjungi museum, agar bisa berkopetisi perlu strategi perencanaan komunikasi diperhatikan dalam menyebarkan informasi. Untuk mengetahui bagaimana penetapkan target sasaran dan analisis kebutuhan khalayak dalam meningkatkan pengunjung. Selain itu untuk mengetahui teknik menyusun pesan dalam meningkatkan pengunjung, dan yang terakhir untuk mengetahui peyebarluasan media komunikasi pengelola Museum Adityawarman dalam meningkatkan pengunjung. Jenis penelitian ini bersifat lapangan (fieled reseacrh) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menggambarkan suatu gejala, peristiwa atau kejadian yang terjadi dimasa sekarang. Subjek penelitian ini adalah strategi perencanaan komunikasi Museum Adityawarman dalam meningkatkan pengunjung sedangkan teknik pruposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahi observasi dan wawancara. Kemudian diolah melalui reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Informan dari penelitian ini adalah kepala, dan pegawai dari Museum Adityawarman. Berdasarkan dari data temuan yang peneliti peroleh, baik melalui observasi dan wawancara, bahwa strategi perencanaan komunikasi pengelola Museum Adityawarman ada 3 cara untuk meningkatkan pengunjung, (1) menetapkan target sasaran dan analisis kebutuhan khaayak meliputi tiga aspek, pertama aspek sosiodemografik, pada aspek ini pengunjung museum lebih berfokus kepada pendidikan dari kalangan pelajar TK-Mahasiwa. Pada aspek frofil psikologis pengunjung lebih mengarah ke ekonomi, pengunjung terlihat perhitungan. Ketiga aspek karateristik, pada aspek ini pengunjung memiliki jiwa yang terbuka dan pemberani. (2) penyusunan pesan meliputi isi pesan persuasif, edukatif, dan informatif diman pengelola museum penyusunan pesan singkat dan disesuaikan kepada siapa targetnya. (3) penyebarluasan media komunikasi meliputi media elektronik dimana bekerjasama dengan televisi lokal Padang TV dan TVRI Sumbar, selanjutnya media luar ruangan meliputi brosur, spanduk, baliho dan buletin, dan yang terakhir adalah media langsung atau tatap muka, pada media ini Musuem Adityawarman mempunyai program handalan yaitu museum masuk sekolah dan lawatan budaya, selain itu juga mengadakan pameran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 14 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:36
Last Modified: 25 Feb 2020 02:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/5379

Actions (login required)

View Item View Item