SUCI FAJRINA, - (2018) Pengembangan Modul IPA Fisika Berbantuan Kartu Pintar Di Kelas VIII MTs. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
COVER . PRSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (539kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (675kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (102kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (228kB) |
|
Text
FILE FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, di dalamnya memuat sepera ngkat pengalaman belajar yang terencana dan di desain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik. Modul dapat digunakan peserta didik secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru, adanya kontrol terhadap hasil belajar melalui penggunaan standar kompetensi dalam setiap modul yang harus dicapai oleh peserta didik, dan menjadi lebih bertanggung jawab atas segala tindakannya. Diharapkan dengan semakin aktifnya peserta didik, dan minat baca peserta didik maka semakin baik pula kualitas hasil belajar yang diperoleh. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah dihasilkannya sebuah bahan ajar berbentuk Modul IPA Fisika Berbantuan Kartu Pintar Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII MTs yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Uji validitas Modul dilakukan oleh beberapa orang ahli. Uji praktikalitas terhadap Modul dilihat dari lembar angket praktikalitas oleh 3 orang pendidik IPA dan 34 orang peserta didik kelas VIII.3 MTsN Model Padang. Uji efektifitas terhadap Modul dengan melihat minat baca peserta didik kelas VIII MTsN Model Padang menggunakan lembar angket efektifitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil Modul IPA Fisika Berbantuan Kartu Pintar Di Kelas VIII MTs sangat valid dengan nilai ratarata 90,76, dengan kategori: kelayakan isi 85,41, kelayakan konstruksi media 93,18, dan kelayakan bahasa 93,75. Modul IPA Fisika Berbantuan Kartu Pintar Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang sangat praktis dengan kategori: nilai praktikalitas produk oleh 3 orang pendidik IPA 78,7 dan praktikalitas oleh 34 orang peserta didik 89.70. Modul IPA Fisika Berbantuan Kartu Pintar Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang sangat efektif dengan nilai efektifitas oleh 34 orang peserta didik diperoleh hasil 86,81. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Modul IPA Fisika Berbantuan Kartu Pintar Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang di Kelas VIII MTs sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 16 Jun 2019 06:51 |
Last Modified: | 16 Jun 2019 06:51 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2834 |
Actions (login required)
View Item |